Sedapnya Saus Untuk Siraman Masakan ala Mahasiswa Kuliner Akpar Majapahit


Sedapnya Saus Untuk Siraman Masakan ala Mahasiswa Kuliner Akpar Majapahit

 

 

Setelah mempelajari dasar pembuatan aneka kaldu dari dosen pegajar, Chef Ari. Kini saatnya mereka, para mahasiswa Kuliner Kurikulum Baru mempraktikan kreasi saus yang berbahan dasar dari kaldu yang dibuatnya kemarin.  




Kamis, 10 Januari 2019, di Dapur Kuliner, Lantai 3, Graha Akpar Majapahit Surabaya, mereka sudah mempersiapkan bahan apa saja yang akan digunakan, sama seperti kemarin, 7 mahasiswa ini dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan berbagai resep saus.










Ada 3 resep saus yang berikan kepada mahasiswa kuliner yakni Béchamel, Espagnole, dan Tomato Concasse. Ketiga saus ini biasanya digunakan untuk masakan Amerika dan Eropa seperti, untuk siraman steak daging, hidangan dari pasta, cocolan roti bertekstur keras hingga sebagai Topping Pizza Italia. 







“saat membuat Tomato Concasse, sebaiknya potongan tomat tidak terlalu kecil karena akan berakibat teksturnya terlalu halus dan tidak ada tekstur kasar dari tomat. Satu lagi, berikan kesempatan Tomat Concasse menyerap panas agak lama. sehingga tidak perlu sering diaduk-aduk” terang Chef Ari.





Sambil memasak, Chef Ari tetap memperhatikan kinerja mahasiswanya. Seperti penggunaan perapian saat menumis dan memasaknya. Jika salah, maka saus yang mereka buat tidak maksimal atau kemungkinan gagal. 










Selain itu, ada beberapa mahasiswa lainnya yang mendapatkan tugas memotong sayuran wortel dan bawang Bombay. Tidak asal memotong saja, mereka harus menggunakan teknik memotong sayuran juga yang sudah dipelajari sebelumnya. akan tetapi jenis potongannya disesuaikan dengan bahan yang digunakan.
Brunoise, Julienne, Concasse dan masih banyak lagi jenis potongan lainnya yang menggunakan wortel, tomat dan bawang Bombay. Dan semua potongan sayuran yang sudah dipersiapkan digunakan dalam pembuatan aneka sausnya. *Slv

Komentar