Mahasiswa Kuliner Advance Membuat Telur Asin Dengan Dua Metode


Mahasiswa Kuliner Advance Membuat Telur Asin Dengan Dua Metode 



 
Makan rawon daging yang panas ditambah dengan telur asin, sebuah kenikmatan tersendiri bagi penggemar telur asin. Apalagi telur asin yang memiliki tekstur yang ‘masir’ ketika dimakan, memberikan sensasi berbeda dari telur yang lainnya.
Dan telur asin ini merupakan salah satu produk yang sanggat cocok sebagai produk untuk dijual. selain dapat tahan lama di waktu penyimpanan, telur asin dapat menguntungkan bagi penjualnya karena harga jual yang cukup mahal per butirnya. 





Oleh sebab itu di Kampus Tristar Culinary memasukan materi pembuatan telur asin di mata perkuliahannya. Bertepatan dengan jadwal mahasiswa kuliner advance kemarin, Selasa (14/1), mereka mendapatkan materi cara membuat telur asin dengan dua metode dan membuat jamur untuk pembuatan kecap.
Kampus Tristar Culinary tidak hanya mengajarkan bagaimana cara memasak yang enak dengan resep baku. Tetapi diajarkan pula menciptakan produk yang yang cocok untuk berwirausaha seperti telur asin. dibawah bimbingan Chef Rachma, mereka diberikan dua metode untuk membuat telur asin yang baik dan benar.







Metode pertama, Chef Rachma beserta mahasiswanya menggunakan larutan air garam dalam jumlah banyak. untuk telur yang digunakan adalah jenis telur bebek kualitas baik. “sebenarnya untuk membuat telur asin dapat menggunakan telur ayam biasa. Namun hasilnya tidak sebagus menggunakan telur bebek, yang hasilnya akan ‘masir’” jelas chef rachma.







Dilanjutkan dengan meode yang menggunakan abu gosok dan garam dapur sebagai medianya. Telur yang sudah dibersihkan kemudian di lumuri oleh campuran abu gosok hingga tertutup keseluruhannya. kedua metode tersebut sama-sama menggunakan masa penyimpanan selama 2 minggu agar hasilnya maksimal.





Terakhir, mahasiswa Kuliner Advance membuat ragi untuk pembuatan kecap manis yang terbuat dari tempe. Tempe merupakan bahan makananan yang secara alami mengandung ragi yang diperlukan dalam pembuatan kecap manis. Dengan mudah, mereka langsung mengiris tipis tempe yang kemudian akan dikeringkan dan dihaluskan sehingga menjadi ragi kecap bubuk yang akan digunakan keesokannya. *Slv

Komentar