Ibu-Ibu Yayasan PT PETROKIMIA Gresik Belajar Basic Cake Di Dapur Pastry Akpar Majapahit


Ibu-Ibu Yayasan PT PETROKIMIA Gresik Belajar Basic Cake Di Dapur Pastry Akpar Majapahit


 



Kemarin, Sabtu 8 Desember 2018, Akpar Majapahit kedatangan peserta kursusan yang tidak dari biasanya. Peserta ini terdiri dari sekelompok ibu-ibu yang merupakan anggota dari Yayasan PT PETROKIMIA Gresik. Mereka juga memilih kelas kursusan yang bertema Basic Cake.






Dalam kursusan kali ini, pesrta yang hadir cukup banyak yaitu sebanyak 21 orang. “kami mengikuti kelas ini karena ingin memberikan suatu pengalaman dan ilmu yang kami pelajari kepada anak didik kami di Yayasan. Selain itu, materi kelas memasak yang kami pilih juga salah satu materi yang kami suka” terang ibu Rizal, peserta dari Yayasan PT PETROKIMIA Gresik.






Bersama Chef Fitri Syntiadewi S. E, ia memberikan 4 resep Basic cake yaitu Sponge Cake, Harley Quinn Roll Cake, Brownies dan Spiku. Keempat resep ini juga cake yang masih dicari dan diminati oleh masyarakat umum. Apalagi daerah di Surabaya, banyak sekali pengusaha rumahan yang berlomba-lomba menjajakan kue ini, pastinya dengan bantuan media promosi  sosial media tentuya.

 



Sebelum mempraktikan resep, Chef Fitri tetap memberikan pengetahuan tentang bahan yang digunakan beserta kegunaannya. Karena hal ini sangat penting bagi ibu rumah tangga yang kerap kurang mengetahui pengetahuan dasar bahan kue. 


 



Kemudian mereka memulai mempraktikan satu persatu resep yang sudah dipegang masing-masing. Dan Chef Fitri membagi beberapa kelompok kerja yang berisikan 5-6 orang tiap kelompoknya. Suasana yang awalnya tenangpun seketika berubah riweuh saat mereka membuat adonan cake.






Meskipun begitu Chef Fitri dengan sabarnya tetap membimbing mereka hingga mereka benar-benar paham dengan teknik yang diajarkan. “untuk pemanggangan cake, sebaiknya gunakan oven yang menggunakan perapian bawah dan atas, agar kematangan dan warna dapat merata. Jika di rumah hanya menggunakan oven tangkring, bisa dibantu perapian atasnya dengan menggunakan panas dari bara api” jelas Chef Fitri. 








Selain membuat Basic Cake, mereka juga diajarkan bagaimana menghias cake yang sederhana namun tetap cantik tampilannya. Wajah riang dan tawa lepas pun tak luput diperlihatkan mereka karena begitu senangnya berkumpul bersama teman yang sehobi seperti di kelas pastry ini. 















Di akhir praktik, mereka saling mencicipi produk yang sudah dibuat dan kemudian difoto sebagai bukti dan kenangan mereka.*Selv

Komentar