Sajian Serba Keju Nan Lezat Di Kelas Patiseri Advance


Sajian Serba Keju Nan Lezat Di Kelas Patiseri Advance




           
Keju merupakan salah satu bahan makanan yang kandungan nutrusinya sangatlah banyak. mulai protein, kalsium, fosfor, riboflavin, magnesium, vitamin B12 dan seng. Terbuat dari susu sapi inilah yang membuat rasa keju menjadi gurih. Oleh karena itu, keju dapat dijadikan bahan tambahan untuk pembuatan makanan maupun minuman.


 



Biasanya jenis keju yang digunakan dalam pembuatan suatu makanan bisa jenis apa saja seperti gouda, parmesan, edam, mozzarella dan masih banyak lagi. Berbeda dengan minuman, keju yang dipakai hanya jenis keju cheddar dan cream cheese. Dan jika paduan antara keju dengan bahan lainnya amatlah cocok.


 



Di kampus Akpar Majapahit Surabaya terdapat mata perkuliahan membuat aneka sajian serba keju yang masih jarang dibuat oleh masyarakat umum. Seperti materi di kelas patiseri advance yang memberikan resep-resep dan teknik pembuatan yang lebih rumit dibandingkan dengan kelas lainnya, dimateri pastry & bakery khususnya. Mahasiswa dapat masuk kelas advance hanya ditahun kedua setelah mereka mendapatkan perkuliahan basic





Chef Laurentia Vivi S.Pd. M.MPar, dosen pengajar sekaligus pembimbing di kelas patiseri advance, memberikan beberapa resep kudapan dan minuman yang dipadukan dengan keju. Mahasiswapun dibagi menjadi kelompok kerja untuk mengerjakan materi tersebut. Sebelumnya Chef Vivi menjelaskan teknik pengolahan dan bahan apa saja yang digunakan dalam tiap resepnya. 


 



Karena mereka sudah masuk dalam kelas advance, maka penjelasan hanya diberikan sekali saja. Dan teknik dasar sudah tidak dijelaskan kembali karena sebelumnya mereka sudah mengetahuinya dari kelas basic sebelumnya. 


 



Menariknya, materi yang diberikan kelas advance selalu berbeda dan kekinian. seperti halnya produk-produk yang dibuat dimateri cheese fiesta ini. Mahasiswanya dibiarkan berkreasi dalam tampilan akhir.  Karena mereka lebih mengetahui tampilan produk terbaru yang menarik di media sosial maupun yang dijual di luaran. 







 











 Dan sajian yang mereka buat memang tak kalah menarik dengan produk yang dijual di sebuah Cake Shop atau Café. Aneka kue dan minuman yang dipadukan dengan keju terlihat cantik dan memikat. Apalagi mereka hias dengan berbagai hiasan dari bahan makanan lainnya seperti daun mint, potongan buah-buahan segar dan masih banyak lagi. *Selv

Komentar