Menariknya Kreasi Kue Tradisional Dengan Tampilan Moderen


Menariknya Kreasi Kue Tradisional Dengan Tampilan Moderen





Kue Tradisional di Indonesia identik dengan bentuk yang biasa saja, ‘kuno’ namun rasa khas yang disajikan sangatlah nikmat.  Jenisnya pun amatlah melimpah, tiap Daerah di Seluruh Indonesia memilikikue khasnya masing-masing. Bentuk, rasa dan bahan yang digunakannya sering kali dilihat dari bahan pokok yang banyak ditemukan di Daerahnya.







Dengan berkembangnya zaman, banyak kue Moderen yang sedkit-demi sedikit akan menggerus keberadaan kue Tradisional. Oleh karena itu perlunya penerus generasi muda membuat inovasi yang berdasarkan kue Tradisional. Seperti apa yang dilakukan oleh salah satu dosen pengajar di Kampus Akpar Majapahit yaitu mengajarkan aneka kue Tradisional dengan tampilan Moderen.






Chef Laurentia Vivi S.Pd. M.MPar, selaku dosen pengajar dan pembiming kelas patiseri advance, memberikan bebereapa resep kue Tradisional kepada mahasisiwa patiseri advance. Sebanyak sembilan mahasiswa yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok kerja. Bahan dan alat-alat yang diperlukan dipersiapkan sendiri oleh mereka 












Setelah mendengarkan dan mencermati penjelasan dari dosen pengajar, mereka langsung memulai membuat produknya. Resep yang didapt merupakan kue Tradisional yang biasa kita jumpai seperti Kue Rangin, Kroket Kentang, Getuk, Bubur Candil, Es Gabus dan masih banyak lagi.







Jika dilihat dari bahan baku dan cara pembuatannya memang tidak jauh beda dengan cara pembuatn dasarnya. Mereka mengubahnya kue Tradisionalnya dari segi bentuk, warna dan pengemasannya. Semisal saat salah satu kelompok membuat Getuk Mi. dari namanya sudah bisa dibayangkan dari apa jajanan Tradisional ini.






Berbahan dasar mi bihun jagung yang memiliki tekstur kenyal, berwarna bening dan ukuran yang kecil.  Karena bening, jenis mi ini dapat dengan mudah mereka berikan warna apa saja sesuai keinginan. Selain itu, Getuk ini berpenampilan Moderen karena mereka membentuknya seperti Satai yang berwarna warni sehingga terlihat lebih menarik. 












Sedangkan produk kue yang lain juga tampil menarik, tidak lagi tampil ‘kuno’. Dengan penambahan hiasan-hiasan dari bahan makanan lainnya, ceri merah, daun pandan, irisan nangka menjadikan produk Tradisional ini lebih mempesona saat difoto. *Selv

Komentar