Mahasiswa Patiseri Advance Diuji Kreatifitasnya Diujian Materi Tradisional Moderen


Mahasiswa Patiseri Advance Diuji Kreatifitasnya Diujian Materi Tradisional Moderen



 


Lemper, Cenil, Gethuk, Bubur Candil merupakan beberapa jenis kue Tradisional dari sekian ratusan jenis kue tradisional di Indonesia yang kini jarang kita jumpai. Selain dalam proses pembuatannya cukup ‘ribet’, kue tradisional memiliki tampilan yang kurang menarik dimata generasi milenial. Namun kini, beberapa penjual jajanan mulai berinovasi dari kue jadul tersebut yaitu dengan menampilkan secara Moderen.
Demi melestarikan resep yang ditinggalkan oleh leluhur, mereka tak habis cara untuk mendongkrak kembali popularitas kue Tradisional ini. Sama seperti apa yang dibuat oleh mahasiswa patiseri Akpar Majapahit Surabaya. Mereka dituntut membuat dan mengkreasikan kue Tradisional dengan tampilan yang kekinian.
Sebanyak delapan mahasiswa di kelas patiseri advance, mereka mengerjakan ujian tradisional moderen ini secara personal. Mulai perencanaan kreasi apa yang dibuat, harus dilakukan sendiri tanpa bantuan dari teman maupun dosen pengajar, Chef Laurentia Vivi S.Pd. M.MPar. namun, sebelumnya mereka diberikan pengarahan dari Chef Vivi dalam pemilihan bahan dasar dan tampilan yang akan digunakan mereka.
Dengan begitu mereka dapat membuat inovasi produk kue Tradisional yang masih dalam batas wajar dan tidak menyimpang dari aslinya. Ditangan kreatif mereka, produk kue jadul yang kini mulai menghilang menjadi produk yang kekinian dan menarik.





Seperti salah satu produk Tradisional moderen yang dibuat oleh Kenneth Tulangow ini. Ia membuat Lupis, kue yang terbuat dari beras ketan yang dimasak lalu dibungkus daun pisang dan disajikan dengan taburan parutan kelapa dan saus gula merah. Namun Kenneth merubah bentuknya dengan cara digulung dan didalamnya diberi isian unti (parutan kelapa yang diberi gula merah).










Jajanan khas Jawa yang tampilannya biasa saja, dirubah menjadi Lupis Gulung ala Kenneth. Rasa bangga dan senang terlihat saat produknya disajikan dan dinilai oleh Chef Vivi. Selain itu, produk yang lainnya juga tak kalah menawan yaitu Pink Dadar, Molen XL, Pastel Tutup Gethuk Gulung, dan Talam Bintik. *Selv

Komentar