Roti Berempah Eropa Yang Memikat ala Mahasiswa Akpar Majapahit

Roti Berempah Eropa Yang Memikat ala Mahasiswa Akpar Majapahit

 

Kemarin Selasa, 16 Oktober 2019, mahasiswa patiseri Akpar Majapahit Surabaya mendapat giliran membuat roti Eropa yang berempah. Mahasiswa triwulan dua dan tiga ini, mempraktikan roti dengan resep yang berbeda tiap harinya. Memang sebelumnya para mahasiswa sudah menerima basic materi seputar roti manis dan roti yang bertekstur keras.





Chef Otje Herman Wibowo S. E, M. Par, salah satu dosen pengajar patiseri reguler bersama asistenya Chef Kristian Faska Harianto mengajarkan berbagai teknik kepada mahasiswanya. Dari proses pembuatan, membentuk hingga memberikan keratan pada permukaan rotinya. 




Sebanyak empat resep roti Eropa, whole wheat bread, hard roll, oregano bread dan bruchetta. Dalam pembuatannya rotinya diberikan berbagai rempah khas Eropa seperti oregano, rose mary dan thyme. Bentuk rempah ini sangatlah berbeda dengan rempah-rempah yang ada di Indonesia. Karena kebanyakan yang jual di pasaran berupa rempah kering, meskipun ada juga yang dijual dalam bentuk segar. 




Seperti saat pembuatan roti bruchetta, pembuatan dan bentuknya hampir sama dengan French bread. Hanya saja ukuran roti yang lebih kecil, dan untuk penyajiannya juga biasanya didampingi oleh saus atau sup krim. Dapat juga dibuat dengan ukuran per slice dan diberi topping dengan ada penambahan bahan hewani.





Kemudian saat adonan roti yang sudah dibentuk dan  diletakkan dalam loyang, dengan cepat dipangganglah dalam oven dengan suhu 200oC selama 20 menit hingga permukaan roti menjadi kuning kecokelatan. Aroma rempah eropa nan harum pun langsung keluar ketika bertemu dengan suhu tinggi.








lalu para mahasiswa juga mempersiapkan alat hidang yang kemudian diberi bahan olesan, daun parsley segar dan tomat ceri guna mempercantik tampilan produk roti. Aneka roti aroma rempah Eropa pun segera disajikan selagi hangat kepada dosen pengajar, Chef Otje dan Chef Kris.*Selv


Komentar