Renyahnya Puff Pastry ala Mahasiswa Patiseri Akpar Majapahit


Renyahnya Puff Pastry ala Mahasiswa Patiseri Akpar Majapahit






5 Oktober 2018 kemarin, mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya triwulan kedua dan ketiga memasuki tahapan untuk mempelajari tentang pastry. Pastry sendiri memiliki arti salah satu produk yang termasuk salah satu dalam klasifikasi produk bakery  namun memiliki karakteristik adonan dasar berbuku-buku (berlapis-lapis) yang terbentuk dari lemak.




 


Dan mereka diberikan tiga resep dasar pastry yaitu croissant, Danish pinwheel dan chicken curry puff. Ketiga resep tersebut dibuat oleh mereka dan dibagi menjadi beberapa kelompok kerja. Mulai dari penimbangan bahan yang dibutuhkan dilakukan secara cermat dan tepat karena resep pastry sangatlah berbeda dengan resep masakan. Jika salah takaran saja, produk pastry & bakery akan gagal.






Sambil membuat adonan pastry, para mahasiswa tetap didampingi oleh dua asisten dosen kelas patiseri reguler, Chef Kristian Faska Harianto dan Chef Jiurike Alvionita Yap. Dengan sabar, mereka berdua membimbing mahasiswanya hingga bisa sehingga produk tidak gagal. Karena dalam membuat adonan puff pastry ini perlu teknik khusus.







Lalu adonan dasar yang sudah dibuat, mereka (mahasiswa) menggilasnya hingga ketebalan yang diinginkan. Kemudian ditambahkan dengan lemak khusus pastry yaitu korsvet di atasnya, lalu dilipat dan digilas kembali beberapa kali yang bertujuan agar memiliki lapisan yang berbuku-buku.






Lapisan inilah yang menjadi patokan sukses tidaknya produk puff pastry yang dibuat oleh mereka. tidak lupa, aneka produk puff pastry kemudian dibentuk dan diisi dengan isian fla nan manisdan gurihnya ayam kari. Dipanggang dengan suhu 200oC hingga adonan mengembang dan matang.










Kerja keras mereka pun tak sia-sia, karena semua produk yang dibuat sukses sempurna. Renyah dan warna produk yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Disajikan dalam piring saji kemudian ditambakan dengan beberapa sedikit hiasan di sela-sela produk seperti manisan buah ceri merah, daun mint dan daun parsley yang membuat tampilan semakin memukau. Setelah itu, barulah, produk mereka diberikan evaluasi dari dosen pengajar, Chef Otje Herman Wibowo. *Selv

Komentar