Nikmatnya Bebek Bakar Bumbu Boreh, Masakan Khas Bali Yang Populer

Nikmatnya Bebek Bakar Bumbu Boreh, Masakan
Khas Bali Yang Populer




 

Bali merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan tradisi. Mulai dari tari kecak, lautnya yang super indah menjadi daya tarik tersendiri dan itu sudah terkenal di Seluruh Penjuru Dunia.





Selain itu, Bali juga memiliki kuliner khas yang lezat. Cita rasa yang kuat akan bumbu dan rempah-rempahnya, pedas , gurih merupak ciri khas yang ditonjolkan pada masakanya. Bebek bakar bumbu boreh dan jukut mapelecing yang dibuat oleh mahasiswa kuliner Akpar Majapahit Surabaya.







Menggunakan bumbu dan rempah pilihan, para mahasiswa membuat bumbu sebagai rendaman bebek segarnya. Kemudian dilumuri keseluruh bebek lalu dimasak hingga waktu yang cukup lama agar bumbu meresap ke dalam.






Chef Masaryo, salah satu dosen pengajar kelas kuliner Akpar Majapahit ikut membantu dalam proses memasak mahasiswanya. Seperti saat membuat nasi kuning khas Bali, Chef Aryo mencoba memberikan contoh bagaimana cara mengaron menggunakan santan alami yang pas. Lalu mahasiswa lainnya meneruskan tahapan selanjutnya hingga nasi matang.





Sedangkan mahasiswa lainnya membuat masakan yang tak kalah enak yaitu jukut mapelencing. Jukut mapelencing ini adalah masakan khas bali yang tampilannya sekilas mirip dengan urap-urap. Namun ada perbedaan yang dari rasanya, karena menggunakan komposisi bumbu dan rempah yang berbeda dengan urap-urap pada umunya.
Aroma semerbak bumbu semakin kuat, ketika para mahasiswa memasuki tahap mempresto bebek berbumbu. Tahapan ini bertujuan agar daging dan tulang menjadi lunak. Selama mempresto bebek, para mahasiswa mempersiapkan piring saji yang sudah diletakan nasi kuning dan jukut mapelencing.
  






Setelah bebek matang, segeralah mahasiswa menyajikannya bersama pelengkapnya juga ditambahkannya beberapa hiasan dari bahan segar seperti batang serai, potongan cabai dan jeruk di atas hidanganya. Tampilan menggodapun tak luput dari pandangan siapa saja yang melihat hidangan lezat ala mahasiswa kuliner Akpar Majapahit ini. *Selv

Komentar