Mahasiswa Advance Membuat Kreasi Produk Teknologi Pangan


Mahasiswa Advance Membuat Kreasi Produk Teknologi Pangan




Setelah menerima resep dan teknik dasar membuat aneka produk jam & candy kemarin, giliran mereka, mahasiswa patiseri advance mengkreasikanya menjadi sebuah produk yang menarik dan modern. 19 Oktober 2019, mereka mempraktikan produknya secara berkelompok.





Dalam satu kelas mereka dibagi menjadi enam kelompok tentu saja dengan kreasi yang berbeda satu sama lain. Masing-masing produk yang dibuat harus menggunakan salah satu produk teknologi pangan yang kemarin mereka buat. Seperti selai aneka buah dan  aneka permen yang cocok dengan produknya.
Kemudian mereka mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Ujian kelompok ini juga mengajarkan mereka untuk dapat bekerja sama dan mengatur waktu dengan baik. Dari sinilah mereka akan terlihat kompak tidaknya.




Dari nama produk yang mereka berikan, bisa dibayangkan terbuat dari apa dan bentuknya. Seperti produk unik yang dibuat oleh dua lelaki ‘kece’, Kenneth dan Steven. Mereka membuat cake yang berbentuk seperti bola kaca dari isomalt, salah satu bahan yang jika diolah akan menjadi seperti karamel bening.




Mereka berdua membuatnya dengan bersama dan kompak, mulai membuat cake dasar sebagai ‘dasar tubuh’ snow globe, isian permen jelly yang terbuat dari buah stroberi segar di dalamnya. Lalu ditutup dengan isomalt berbentuk setengah lingkaran di atasnya, semakin membuat unik dan menarik.





Selain itu ada juga mahasiswa dari Kalimantan Timur, Merliana yang membuat selai yang berbeda daripada yang lain yaitu selai buah naga. Ia membuat selai buah naga karena belum ada yang membuat dan menjual selai yang berbahan dasar dari buah naga. Selai buah naga ini juga dikemas cantik dengan botol kaca yang dihias dengan pita berwarna ungu.











Meskipun ini merupakan ujian praktik, mereka tetap mendapatkan evaluasi tiap produk yang dibuat oleh dosen pengajar, Chef Rachma Nur Devianti S.TP. oleh karena itu, mahasiswa juga sudah mendapat pandangan kesalahan dan kelebihan dari produknya masing-masing. Untuk kedepanya mereka dapat mempraktikan dan berinovasi kembali dengan lebih baik lagi. *Selv


Komentar