Jam & Candy, Produk Manis Yang Menjadi Peluang Usaha


Jam & Candy, Produk Manis Yang Menjadi Peluang Usaha




jam & candy, produk makanan nan manis ini sebagian besar terbuat dari sukrosa atau gula tebu. Makanan kaya akan kalori ini juga banyak digemari oleh tiap kalagan, apalagi kalangan anak-anak. Permen panggilan yang biasa mereka sebut, kerap dijadikan ‘teman cemil’ saat waktu senggang maupun sibuk. Karena praktis inilah, permen manjadi salah satu cemilan yang bisa dikonsumsi di mana maupun kapan saja. 





Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, permen dibuat semenarik dan sekreatif mungkin yaitu inovasi baru. Seperti marshmellow, jelly candy, nougat dan hard candy. Sedangkan produk selai dizaman sekarang sudah dapat disimpan dalam jangka panjang. Pastinya dengan bahan kimia yang masih dalam ukuran standar jumlah untuk konsumsi. Seperti anenka produk jam & candy buatan mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya ini.

 



Tepat dihari Senin pagi, 15 Oktober 2018 kemarin, mahasiswa patiseri advance Akpar Majapahit Surabaya diajarkan berbagai materi tentang jam & candy. Bersama Chef Rachma Nur Devianti S.TP, dosen teknologi pangan, memberikan teknik pembuatan bagaimana membuat jam & candy dengan benar. 




Step by step arahan yang diberikan dari dosen pengajar, mereka kerjakan dengan baik tiap resep jam & candy saat itu. Penggunaan suhu pemasakan contohnya, mereka menggunakan thermometer khusus untuk mengamati panas selagi proses pemasakan adonan permen  maupun selai.





Lalu untuk membenbtuk aneka permen, mereka menggunakan cetakan yang berbahan silicon yaitu tahan panas dan anti lengket. Meskipun sudah anti lengket, mereka tetap memberikan sedikit olesan glukosa pada cetakan agar dapat dikeluarkan. 



Sedangkan pengemasan selai buah, mereka menggunakan 2 jenis kemasan yaitu dari kaca dan plastik. Adonan selai yang sudah dimasak hingga matang kemudian dimasukkan kedalam kemasan dalam kondisi panas-panas agar bakteri tidak masuk dan berkembang. 








Setelah mengetahui teknik dasar dan resepnya, mereka akan ditantang membuat kreasi dari jam & candy ini. Para mahasiswa akan menciptakan sebuah resep baru yang harus menggunakan produk maupun resep dasar jam & candy. *Selv

Komentar