Cupcakes 3D Karya Anak Akpar Majapahit Surabaya


Cupcakes 3D Karya Anak Akpar Majapahit Surabaya






Cupcake adalah kue berukuran kecil yang alasi oleh cup kertas, dihias dengan aneka topping seperti buttercream, frosting, whipp cream dan lain-lain. Selain karena ukuran mungilnya, Jenis kue ini sangat menggemaskan siapa saja yang melihat ketika sudah dihias. Sehingga sangat cocok sekali dijadikan sebuah sajian maupun souvenir diberbagai acara.





Namun ada jenis hiasan cupcake yang cukup rumit untuk membuatnya, yaitu hiasan dari fondant. Fondant yang bertekstur lentur inilah yang tidak semua bisa membentuknya menjadi sebuah hisan cupcake yang cantik.  Butuh ketelatenan dan ketrampilan tinggi untuk membentuk suatu karakter dari bahan fondant ini.
Di Kampus Akpar Majapahit Surabaya, mahasiswanya dapat dengan mudah membuat cupcake yang berhiaskan fondant. Tak tanggung-tanggung, mereka membentuk fondant dengan bentuk 3D.  dosen pengajar patiseri, Chef Otje Herman Wibowo S. E, M. Par, memberikan tema ini sebagai tantangan ujian akhir untuk mahasiswa triwulan pertamanya.


  




 Dari resep dasar materi cupcake sebelumnya, para mahasiswa memodifikasinya menjadi resep baru. Penambahan essen dan pewarna kedalam adonan dasar sehingga menciptakan rasa dan aroma yang berbeda. Red velvet cupcake, pandan cupcake, green tea cupcake, mocca cupcake hingga chocolate cupcake, aneka rasa yang dibuat oleh mereka. 









Sambil menunggu menurunya suhu cupcake yang sudah dipanggang, mereka pun dnegan segera membuat hiasan cupcake dari fondant. Mereka membuatnya secara  perlahan  dengan bantuan  alat khusus untuk membentuk fondant, sehingga menyerupai bentuk tema yang diinginkannya. 















Kemudian dilanjutkan penilaian dilakukan oleh beberapa dosen pengajar Akpar Majapahit. Ibu Imania Ayu Wulandari M.M. Par, ibu Dewi Marianah M.Par dan bapak Hedy W.S SH, MBA,M,Si.Par mencoba mencicipi dan menilai produk mereka dalam segi rasa, tekstur dan kreatifitas. *Selv

Komentar