Aneka Roti Dan Donat Buatan Mahasiswa Akpar Majapahit

Aneka Roti Dan Donat Buatan Mahasiswa Akpar Majapahit





Jumat, 12 Oktober 2018, mahasiswa patiseri reguler mendapatkan aneka resep roti dan donut dari perkuliahan pastry & bakery di Kampus Akpar Majapahit Surabaya. Selama satu triwulan ini, mereka akan mempelajari berbagai resep yang sudah teruji dari dosen pengajar Chef  Otje Herman Wibowo S. E, M. Par  dan asisten dosennya, Chef  Kristian Faska Harianto.






Dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi seperti margarin dari Filma dan tepung terigu Bogasari. mereka menimbangnya secara cermat. Agar hasil dari produk yang akan dibuat baik dan tidak gagal nantinya. Mereka juga menambahkan beberapa bahan segar untuk meningkatkan rasa dan kualitas.









Kemudian mesin dough mixer, pencampur bahan roti dinyalakan dan diatur kecepatan putaran balingnyaoleh mereka. sambil diperhatikan juga tingkat kelembaban adonan rotinya. Selain itu, Chef Kris pun ikut mengawasi mahasiswa lainnya yang sedang membuat garlic bread. Roti yang digunakan untuk pembuatan garlic breadini menggunakan roti tawar yang sudah dibuat oleh mereka sebelumnya.
Cara membuatnya cukup mudah, hanya perlu menambahkan cincangan bawang putih dan parsley ke dalam campuran olesan garlic bread. Lalu dipanggang di atas wajan anti lengket hingga tekstur roti kering dan renyah. Biasanya, jenis roti ini dimakan dengan sup krim atau sebagai pelengkap hidangan. 






Sedangkan mahasiswa yang kebagian resep membuat donut, mereka membuat adonan dasarnya sama seperti cara membuat roti manis. Namun penanganannya berbeda yaitu digoreng. Perlu ketelatenan juga saat proses menggoreng adonan donut ini. Karena jika terlalu terburu-buru menggorenganya, akan menyebabkkan tidak keluarnya white ringnya. Istilah ini menjadi salah satu suksesnya membuat donut goreng. 





Dilanjutkan dengan menambahkan aneka topping di atas donut yang sudah matang, sehingga tampilan donut semakin memikat dan menarik. Lumeran cokelat masak pekat, ditaburi dengan cincangan kacang mente, permen trimit dan parutan keju menjadikan donut ini emakin istimewa. 








Lalu mereka sajikan aneka roti dan donut di atas piring saji yang dihias sebelumnya dengan hiasan bahan segar dan selai. *Selv

Komentar