Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Dikegiatan LDKM

Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa
Dikegiatan LDKM





Kemahasiswaan masa perkuliahan merupakan masa dimana para mahasiswa mencoba meningkatkan kedewasaan dan pola fikir yang logis. Sehingga jika dibandingkan antara kegiatan sekolah dengan kampus sangatlah berbeda. Mahasiswa biasanya mendapatkan pembinaan intelektual dan spiritual dibeberapa kegiatan sosialnya seperti LDKM.  


Para mahasiswa baru siap menjadi anggota Senat


Sabtu,11 Agustus 2018, Kampus akpar majapaphit mengadakan kegiatan untuk melantik para calon senat dalam acara LDKM. Kegiatan LDKM adalah latihan dasar kepemimpinan mahasiswa yang menjadi ajang orientasi mahasiswa baru atau ketika mahasiswa yang akan masuk dalam organisasi kemahasiswaan. Kegiatan ini dikelola oleh sekelompok mahasiswa  BEM yaitu Badan eksekutif mahasiswa. Mereka juga bisa dipanggil dengan Senat. 


Yori Jonathan Christian, Presiden BEM



Acara penyambutan senat baru dibuka dengan sambutan dari Asdir III bapak Ari Purwantoro, MM. serta ketok palu  pembukaan kegiatannya.  Selain itu presiden BEM, Yori Jonathan Christian, memberikan seikit sambutan tentang pengetahuan seputar Senat dan membagi pengalamanya selama berada di Organisasi Senat. 


Pengenalan para anggota Senat

Jonathan sedang menjelaskan materi di Sidang pleno 1


Kemudian parasenat memperkenalkan tiap anggota beserta jabatan yang disandang dengan cara mempresentasikan didepan mahasiswa baru. Jonathan, selaku sekretaris BEM juga menjelaskan peraturan serta pasal-pasal apa saja yang harus ditaati disidang pleno 1. 


Para calon Senat memperhatikan penjelasan materi di sidang pleno


Sidang pleno tidak hanya dilakukan sekali saja melainkan hingga tiga kali.  tetapi berbeda dengan siding yang pertama, siding pleno kedua dan ketiga dilakukan oleh mahasiswa baru. Mereka harus menjelaskan program Kinerja, Visi dan Misi ketika akan masuk di Organisasi Kampus ini. 


Nasi keroyokan

calon senat sang menikmati nasi keroyokan



Kegiatan yang berlangsung tidak melulu serius, ada satu acara yang membuat kegiatan semakin seru yaitu makan bersama antar mahasiswabaru dan para senat. Uniknya, cara mereka menyajikan makanannya seperti ‘nasi keroyokan’. 


Para Senat pun ikut makan siang dengan nasi keroyokan


Di alasi beberapa daun pisang kemudian mereka penataan nasi, lauk hingga sayur. Susana semakin’ riweuh’ ketika mereka menyantap nasi keroyokan itu. Laki-laki maupun perempuan dikumpulkan bersama sehingga kebersamaan pun semakin terasa. 


Para Senat mempersiapkan materi apa saja untuk kegiata malam



Kegiatan ini dilaksankan hingga tengah malam, tentu dengan acara kegiatan yang seru dan berbeda. Seperti motivasi, jerit malam dan wawancara tiap mahasiswa baru oleh para senat. *Selv






Komentar