Menariknya Materi Teknologi Pangan Untuk Peluang Usaha


Menariknya Materi Teknologi Pangan Untuk Peluang Usaha




Padatnya aktifitas masyarakat di Kota-kota besar, menjadikan makanan cepat saji, aneka minuman dalam kemasan kini banyak dicari. Selain dapat menghemat waktu, harga yang ditawarkan juga cukup ekonomis. Kemudian rasa yang hasilkan tak kalah enak dengan buatan sendiri yang membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. 







Dan itu salah satu produk yang dapat dijadikan peluang usaha rumahan. Hanya saja jika cara pengolahan bahan untuk produk tersebut tidak benar maka hasilnya tidak akan baik. Sehingga perlu ilmu pengetahuan khusus tentang teknologi pangan tentang makanan instan beserta pengemasanya. 






Bertepatan dengan materi mahasiswa teknologi pangan, Senin, 6 Agustus 2018, mereka membuat aneka minuman jus, bumbu instan hingga manisan buah dalam kemasan. Dengan adanya materi ini, para mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara perlakuan antara bahan dengan teknik pembuatan agar dapat menghasilkan produk yang sempurna seperti produk yang dijual diluaran. 






Bersama dosen pengajar teknologi pangan, Chef  Endang Sri Rahayu SE, M.MPar. yang selalu mendampingi mereka saat mempraktikan tiap materinya. Dari pemilihan bahan, pemotongan buah dan tekniknya dibimbing dengan telaten. Sehingga mahasiswapun merasa senang dan terarah.






Materi yang diberikanpun sangat menarik seperti membuat aneka jus buah dalam kemasan botol. Jika dilihat dan diperhatikan memang mudah untuk membuatnya tetapi jika salah prosedur pembuatannya maka produk jus buah tersebut akan gagal. Buah yang mereka pilih juga buah yang sering kita temui di sekitar kita yaitu jambu biji merah dan susu jagung.







Kemudian mereka diajarkan pula bagaimana cara membuat aneka macam bumbu tradisional instan. bumbu Tradisional instan ini merupakan bumbu yang dibuat untuk dapat disimpan dalam jangka waktu lama. mereka pun membuat bumbu instan untuk masakan rendang dan balado. Karena kedua bumbu tersebut kerap dipakai oleh masyarakat umum.





Tidak hanya membuat bumbu saja, Chef Endang memberikan bahan pokok daging sapi dan ayam untuk dibuat hidangan aslinya. Agar mereka tahu bagaimana rasa bumbu yang sudah dibuat apakah memang sudah pas atau kurang.









Pengemasan secara tepat dilakukan mereka juga, pastinya yang sesuai dengan jenis makanannya. seperti halnya pengemasan jus buah dengan botol yang berbahan tebal agar saat tuang dalam keadaan panas tidak mudah mengkerut. *Selv

Komentar