Mahasiswa Tekpan Membuat Produk Makanan Layak Jual

Mahasiswa Tekpan Membuat Produk Makanan Layak Jual




Teknologi pangan mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi atau dapat mengawetkan suatu makanan dengan penyimpanan jangka waktu panjang.  Teknologi pangan cenderung pada panganan dalam kemasan, meskipun demikian, dapat juga mengetahui proses pembuatan maupun langkah-langkah pembuatan makanan tersebut.







Senin, 30 Juli 2018, mahasiswa teknologi pangan Akpar Majapahit membuat frozen food, selai, jelly candy dan abon sapi layak jual. Beberapa materi tersebut dibuat oleh mereka dengan menggunakan teknik dan proses yang sesuai dengan prosedur dari dosen pegajar, Chef Rachma Nur Devianti S.TP. 








Chef Rachma mengajarkan dua jenis frozen food yang cukup populer dikalangan umum yaitu cireng dan otak-otak ikan. Penggunaan bahan yang segar, membuat rasa dan bentuk dari produk yang dipraktikan menjadi baik. Keuletan mereka dalam membentuk adonan serta mengolahnya membuat dosen pengajar tak perlu was-was dengan hasilnya. 










 
Kemudian mereka mempraktikan produk makanan yang perlu menggunakan ketepatan suhu saat membuatnya yaitu bawang goreng, abon sapi premium dan kualitas no.2. pembuatan yang cukup lama tak menjadikan mereka lelah, semangat untuk menyelesaikan masih tetap terlihat diraut wajah mereka. Menggunakan peralatan yang cukup lengkap seperti terdapat alat penapis minyak goreng agar tekstur abon kering dan bebas dari minyak goreng. 








Selain mengolah dan memasak, produk yang dipraktikan juga harus memikirkan kemasan seperti apa yang cocok. Seperti saat membuat produk selai yang terbuat dari aneka buah segar papaya, stoberi dan nanas. Kemasan yang digunakan merupakan berbahan dasar kaca atau dapat juga diganti dengan cup plastik tebal pastinya sudah melaluui proses sterilisai terlebih dahulu yang berguna untuk menghilangkan bakteri. 






Mereka juga menerima materi menarik lainnya adalah membuat jelly candy ala rumahan. Pastinya dengan cara membuat yang simple dan menggunakan bahan yang dapat dijumpai di sekitar kita. Mereka membentuknya dengan berbagai cetakan, mulai dari bentuk bunga hingga hewan lucu. *Selv

Komentar