Cooking Class Membuat Aneka Cake Lembut Dan Halus Bersama Chef Fitri


Cooking Class Membuat Aneka Cake Lembut Dan Halus Bersama Chef Fitri





Sabtu, 28 Juli 2018, di Kampus Akademi Pariwisata Surabaya membuka beberapa cooking class dengan beraneka tema, aneka cake lembut dan halus salah satunya. Dengan jumlah peserta 4 orang, Suasana berasa semakin akrab dan intens antar Chef pengajarnya.





Chef Fitri Syntiadewi S.E, sebagai Chef pengajar ditema cooking class ini merupakan salah satu dosen pegajar juga di Kampus Akpar Majapahit. Mereka sangat beruntung sekali mendapatkan Chef pengajar yang sangat ahli dibidang cake ini. Materi yang diberikan sangatlah menarik yaitu Taro Chiffon Cake, Zebra Chiffon Cake, Lapis Pandan Surabaya dan Bolu Batik. 




Dengan ilmu yang dimilikinya, Chef Fitri langsung menjelaskan bahan-bahan hingga teknik yang akan digunakan saat membuat beberapa resep cakenya kepada peserta cooking class. “penggunaan banyaknya telur dalam pembuatan cake itu sangat mempengaruhi tekstur cake. apalagi jika menggunakan kuning telur banyak dibandingkan putih telur, maka tekstur cake akan menjadi lembut” terang Chef Fitri.






Tanpa panjang lebar, Chef Fitri dengan segera mempraktikan resep pertamanya yaitu Taro Chiffon Cake dan zebra chiffon cake. Cake yang katanya susah sekali dibuat oleh para peserta ini, dengan mudahnya dipraktikan olehnya.” Cake yang menggunakan teknik pemisahan kuning telur dan putih telur memang sangat rentan dengan pengadukan adonan. Jika terlalu banyak ngaduk maka adonan akan turun dan bantat” ujar Chef Fitri sambil mengocok adonan Taro Chiffon Cake. 





Setelah itu, dilanjutkan dengan materi yang tak kalah menyenangkan, lapis pandan Surabaya. salah satu kue Khas Surabaya ini, memang  terkenal dengan harga jual yang cukup mahal karna menggunakan bahan-bahan yang berkualitas bagus. Namun, kali ini Chef Fitri membuatnya berbeda dari biasanya. Dengan penambahan rasa pandan pada sebagian adonannya, membuat rasa cake lapis surabaya menjadi lebih mantab dan nikmat. 









Kemudian para peserta mempraktikan resep selanjutnya, bolu batik. Dengan semangat, mereka membuat corak batik pekalongan yang sudah disketsa sebelumnya dikertas roti. Dengan penggunaan warna yang sesuai, penampilan bolu batik yang biasa menjadi indah dan membuat tidak tega untuk memotongnya. *Selv


Komentar