5 Jajanan Favorit Di Surabaya Kreasi Mahasiswa Teknologi Pangan


5 Jajanan Favorit Di Surabaya Kreasi Mahasiswa Teknologi Pangan

 



Surabaya terkenal dengan aneka ragam makanan yang memikat sapa saja yang mencobanya, apalagi jajanannya. Murah. Enak dan banyak, mungkin itu salah satu deskripsi  dari penggemar nyemil yang sudah pernah membeli jajanan di Surabaya.
Senin, 24 Juli 2018, Mahasiswa Akpar Majapahit mencoba membuat aneka jajanan yang biasa dikonsumsi anak muda Surabaya yaitu tempura udang, tempuran ikan, cilok, sus kering, kacang telur, telur gabus keju dan masih banyak lagi. Mereka diberikan materi tersebut bertujuan untuk dapat mengetahui resep dasar dan penangananya dengan berbagai teknologi pangannya. sehingga untuk kedepannya bisa mengkreasikan kembali dengan resep yang berbeda dan lebih kekinian. 






Di bawah bimbingan dosen yang berlatar belakang pendidikan ilmu teknologi pangan, chef Ernawati, para mahasiswa teknologi pangan banyak mengenal berbagai teknik dasar dari tiap materi yang diajarkan. 







Seperti saat membuat tempura ikan dan udang, dalam pengolahan nya menggunakan 2 kali proses penggorengan dengan suhu yang berbeda yaitu rendah dan sedang. Teknik ini berguna agar permukaan tempura tidak mengkerut. Memang awalnya untuk membentuk tempura ini dipraktikan terlebih dahulu oleh dosen pengajar akan tetapi mahasiswa juga turut mengikuti kativitas tersebut. 







Selain itu, mereka juga membuat beberapa jajanan ringan yaitu telur gabus keju dan kacang telur. Kedua jajanan ini cara membuatnya mudah sekali namun perlu kesabaran lebih untuk membentuknya. Dengan bentuknya yang kecil, mereka melakukannya dengan telaten dan bekerja sama baik. 








Kemudian materi dilanjutkan dengan membuat cilok lengkap dengan gorengan dan saus kacangnya. Tentu saja para mahasiswa sangat senang membuatnya karena itu salah satu cemilan mereka disaat santai di Kampus. 








Bukan karena mereka berada di kampus kuliner kemudian hanya diajarkan cara memasak hidangan berat, sajian penutup dan mengetahui berbagai teknologi pangan saja. Tetapi dengan mengajarkan materi seperti ini mereka dapat meningkatkan sebuah jajanan yang biasa menjadi luar biasa. *Selv

Komentar