Segarnya Jamu Gendong Sehat Ala Akpar Manjapahit Surabaya


Segarnya Jamu Gendong Sehat Ala Akpar Manjapahit Surabaya




Jamu merupakan salah satu obat tradisional dari Indonesia yang terbuat dari tumbuhan seperti rimpang, dedaunan, kulit batang dan buah. Biasanya juga ditambahkan juga dengan kuning telur ayam kampung untuk menambah khasiat jamu. Dan dulunya menjajakan produk jamu tersebut dilakukan dengan cara digendong oleh penjualnya.



 
Kini jamu gendong dikemas dan diolah lebih modern, pastinya mengikuti selera pembeli masa kini. namun tidak semua masyarakat umum dapat meracik jamu dengan benar dengan menghasilkan rasa yang enak dan menyegarkan. Akpar Majapahit Surabaya menyediakan kelas kursus khusus mengajarkan minuman jamu gendong.




Bertepatan pada hari Kamis 5 Juli 2018, Akpar Majapahit Surabaya membuka Cooking class bertema minuman jamu gendong  di Gedung J5. Dihadiri peserta berjumlah 4 orang yang berasal dari Surabaya dan luar Kota, Malang  dan Kediri.






Ada beberapa materi yang akan diajarkan oleh Chef handal dalam membuat jamu yaitu Chef Endang. Mereka dibekali sedikit teori tentang bahan-bahan yang akan digunakan serta manfaatnya. Tak jarang pula, Chef memberikan tips dalam memilih bahan baku jamu “ saat membeli bahan baku untuk membuat jamu, harus teliti memilih kesegaran bahannya. Karena dapat mempengaruhi khasiat dan rasa” terang Chef Endang. 





Setelah penjelasan, mereka diajarkan step by step membuat minuman jamu gendong. Diawali dengan membuat jamu beras kencur, salah satu minuman jamu yang kerap dicari oleh konsumen. Selain rasa yang enak, jamu beras kencur salah satu jamu yang dapat menambah nafsu makan. Sehingga sangagt cocok diminum oleh anak kecil sekalipun.




Dilanjutkan dengan materi jamu selanjutnya sinom, sirih kunci dan temulawak. Kali ini peserta ikut serta membuat minuman jamu tersebut. Tahap Memotong,menghaluskan dengan blender hingga menyaringnya dengan kain bersih dilakukan tiap peserta. Guna dapat mempraktikan di Rumah sendiri.
“kain yang sudah digunakan untuk menyaring cairan jamu sebelumnya, cukup dibersihkan dengan air matang atau minum. Jangan dicuci dengan air sabun karena akan meninggalkan rasa sabun pada jamu” ujar Chef Endang. 





Terakhir, Chef Endang mempraktikan membuat minuman jamu kunyit asam. Warna kuning yang dihasilkan kunyit asam hampir sama dengan jamu temulawak sebelumnya. tetapi memiliki rasa yang jauh beda, karean kunyit asam memiliki rasa segar yang ditimbulkan dari asam matang.









Jamu-jamu yang sudah dimasak kemudian didiamkan selama beberapa saat hingga uap panas hilang. Step ini agar saat cairan jamu dituang dalam kemasan botol plastik tidak mengkerut karena suhu terlalu panas. “saya sangat senang mengikuti kelas ini, Karena rasa jamu-jamunya enak dan menyegarkan” kata salah satu peserta cooking class. *Selv

Komentar