Renyahnya Aneka Keripik Dan Keciput Hasil Ujian Praktik Mahasiswa Patiseri Advance


Renyahnya Aneka Keripik Dan Keciput Hasil Ujian Praktik Mahasiswa Patiseri Advance





Renyah, ringan, manis dan gurih, beberapa criteria yang biasa kita jumpai ketika ‘nyemil’ keripik. Apapun bahan dasarnya dari buah, umbi-umbian hingga sayuran, dan jenis cemilan ini semakin digandrungi ketika sebagai teman ‘nonton’ maupun bersantai. Namun masih banyak sebagian orang yang belum mengetahui dan menganggap sulit bagaimana cara membuat keripik.





Tetapi tidak bagi mahasiswa patiseri advance akpar majapahit, mereka dengan mudahnya membuat aneka keripik yang dibuat dari berbagai bahan pangan lokal. Bersama dosen pengajar, Chef Anas, mereka mencoba berinovasi aneka produk keripik diujian minguan yang bertemakan chips and stick.





Sebelumnya mereka sudah mempelajari teknik dasar bagaimana cara membuat keripik dari aneka bahan. Sehingga saat ujian praktik, mereka dengan lihainya mengolah bahan-bahan dasar yang digunakan.
Pemotongan bahan dasar dilakukan mereka dengan lincahnya yang menggunakan pengiris manual. Meskipun begitu, Chef Anas juga turut memperhatikan kinerja tiap-tiap kelompok agar time management dapat terkendalikan.  





Ujian yang berisikan 3-4 orang perkelompoknya ini, menggunakan bahan yang berbeda satu sama lainnya. Seperti kelompok Kenneth, Merliana Sari, Nouva dan Steven, mereka membuat keripik dari kulit ceker ayam yang ditambahkan dengan bumbu tabur pedas dan manis. 





Ada juga yang membuat keciput 3 warna. Yang terbuat dari tepung beras ketan hitam dan putih. Memang dari tambilan hampir sama dengan keciput-keciput biasanya akan tetapi bahan yang digunakan amatlah berbeda. 





Mereka pun tak lupa membuat kemasan produk ala per kelompoknya. Dosen pengajar menginginkan mereka juga dapat membuat kemasan unik dan menarik agar dapat menambah daya tarik jualnya.  





Kemudian mereka segera presentasi produk ujiannya bagi yang sudah selesai berkemas dan produk jadi. Tahap icip-icip juga perlu dilakukan guna dapat mengetahui kekurang dan kelebihan tiap produk ujian *Selv

Komentar