Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar Membuat Aneka Kue Dimateri Basic Cakes


Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar Membuat Aneka Kue
Dimateri Basic Cakes



 

Kampus Akpar Majapahit selalu mengajarkan mahaisiswanya dari materi dasar tiap jurusannya. Pastinya dengan gaya pengajaran tiap dosen pengajar berbeda-beda tetapi dengan materi yang sama. Seperti mahasiswa patiseri reguler yang mendapatkan perkuliahan awal dengan berbagai materi basic. Materi basic ini bertujuan agar mahasiswa tahu resep dasar yang kemudian dapat mereka kreasiakan kembali kedepannya.





Rabu, 11 Juli 2018, di Kelas patiseri reguler mempelajari salah satu materi basic yaitu basic cakes dengan dosen pengajar Chef Otje Herman Wibowo S. E, M. Par. Chef Otje mengajarkan beberapa resep basic cakes yaitu marble cake, chiffon cake dan chocolate swiss cake




Pengenalan bahan-bahan dan alat apa saja yang digunakan selalu diterapkan agar para mahasiswa dapat mengetahui bahan yang berkualitas baik.  “ saat mengocok telur, usahakan alat yang digunakan harus dalam keadaan bersih dari lemak atau minyak. Karena dapat mempengaruhi adonan menjadi bantat dan tidak mengembang” ujar Chef Otje. selain itu, Chef Otje juga kerap memberikan seputar tips jitu sukses membuat cake.





Setelah menerima penjelasan materi dari dosen pengajar, para mahasiswa dengan segera membuat resep pertamanya, chiffon cake. Cake yang sebagian besar dari putih telur ini merupakan cake yang cukup rawan cara membuatnya. Tetapi tidak dengan mereka, membuat chiffon cake begitu mudahnya dan sukses. Dengan penggunaan suhu dan teknik yang tepat, chiffon cake yang mereka buat mengembang dengan sempurna.







Selain itu, mahasiswa lainnya kebagian resep lainnya yaitu marble cake. cake yang memiliki corak seperti marmer yang berwarna cokelat dan putih ini termasuk jenis butter cake atau biasanya bertekstur padat namun lembut karena mengandung lemak yang cukup banyak. Merekapun menghiasnya dengan tambahan royal icing dan sentuhan beberapa daun mint di atasya. Sehingga tampilanya menjadi semakin cantik dan menarik. 







Semua produk yang sudah matang dan dihias, dikumpulkan di meja penilaian yang kemudian akan diicipi dan nilai langsung oleh dosen pengajar, Chef Otje. *Selv



Komentar