Egg Cookery, Materi Teknik Mengolah Telur Yang Menyenangkan Di Kelas Kuliner Akpar Majapahit

Egg Cookery, Materi Teknik Mengolah Telur Yang Menyenangkan Di Kelas Kuliner Akpar Majapahit





Telur merupakan salah satu sumber protein yang bermanfaat bagi tubuh kita juga cara mendapatkannya sangatlah mudah dan ekonomis. Dan memasaknya pun ternyata ada tata caranya loh! Yaitu menggunaka teknik dasar memasak telur atau dapat disebut dengan egg cookery. Sebuah metode dasar memasak telur dengan mengguanakan suhu temperatur rendah hingga sedang. Dengan begitu gizi yang terkandung tetap terjaga. 





Di Kampus Akpar Majapahit, mengajarkan berbagai dasar teknik dan metode memasak kepada Mahasiswanya, apalagi di Kelas kuliner. Mereka dituntut untuk bisa mengerjakan tugas praktiknya sesuai dengan materi yang diajarkan seperti salah satu materinya, egg cookery. Dengan dosen pengajar profesional Chef  Yanuar Kadaryanto M.M beserta asistennya Chef Masaryo, kolaborasi yang pas untuk membimbing para mahasiswa triwulan awal ini.





Meskipun hanya telur saja yang dipraktikan tetapi mereka diajarkan berbagai teknik dasar mengolahnya. Ada 4 dasar teknik mengolahnya diantaranya poached egg, scramble egg, omelet, dan sunny side up. Secara perorangan mereka mempraktikkannya di Meja kerja masing-masing tentunya.
Memang terlihat mudah saat dosen pengajar mempraktikannya sebelumnya tetapi ketika mereka mencobanya terkadang kegagalan terjadi karena suhu temperatur dan teknik yang salah. Percobaan tersebut tidak dilakukan sekali melainkan berkali-kali hingga dapat menghasilkan produk yang standar. 





Usaha mereka pun membuahkan hasil,  seperti poached egg yang harus memiliki kriteria hasil seluruh kuning telur tertutupi selaput putih dari putih telur. Sunny side up atau telur ceplok juga terlihat indah karena kuning yang berwarna kuning cerah serta berkilau ketika terkena cahaya dari lampu ruangan. 







Keseruan mereka bertambah lagi, saat dosen pengajar memberikan nilai yang cukup memuaskan bagi mereka. Hasil jadi masing-masing produk dicicipi antar teman sekelas hingga mengomentarinya satu sama lain. *Selv



Komentar