Deretan Sajian Manis Yang Memukau Garapan Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya


Deretan Sajian Manis Yang Memukau Garapan Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya





Kreatif dan inovatif, sebutan kata yang pantas diutarakan kepada para mahasiswa patiseri Akpar Majapahit Surabaya. melalui ujian akhir triwulan inilah, mereka diuji mental dan kemampuan masing-masing oleh dosen pengajar.




Ujian yang dimulai pada tanggal 28 Juni 2018, di Dapur patiseri lantai 2 ini berlangsung secara cepat karena waktu yang disediakan sekitar 3 jam saja. Tepat pukul 09.00 pagi mereka memulai prosedur pembuatan masing-masing produk. Persiapan bahan dan peralatan terlihat sudah disiapkan per individu.





Suara potongan buah dan bahan lainnya pun langsung terdengar ketika beberapa mahasiswa menggunakan bahan-bahan segar seperti lemon, buah naga, stroberi hingga pisang. Diolah menjadi campuran adonan aneka cake dan puding.




Selain berinovasi dengan resep dasar, mereka juga mengubahnya menjadi produk yang baru dan unik. Seperti cake gulung yang memiliki corak seperti badai atau biasanya disebut dengan hurricane cake. Ditambah dengan topping penuh keju parut dan hiasan lucu berbentuk ice cream cone dan biskuit. 




Ada lagi, beberapa mahasiswa membuat puding dan agar-agar berbentuk seperti kolam ikan, tumpeng lengkap dengan pelengkapnya, kumpulan awan biru, serta puding dalam gelas. 






Ada satu mahasiswa yang membuat yang berbeda dari lainnya yaitu Johan Setiawan. Ia membuat satu produk puding yang menggunakan teknik suntik yang cukup sulit. Dengan telaten ia suntikan cairan puding warna ke dalam puding dasar bening hingga membentuk sebuah rangkaian bunga.




Tahapan menghias pun dilakukan mereka agar mempercantik penampilan ketika disajikan. Caramel art, irisan buah segar, cokelat masak dan tambahan biskuit salut dibuat demi meningkatkan kualitas produk. Karena produk enak tidak cukup baik jika tampilan tidak maksimal.





5 dosen Akpar Majapahit Surabaya dari berbagai bidang turut ikut memberikan sedikit waktu luangnya untuk mencoba dan menilai hasil dari mahasiswa patiseri reguler. Chef Renni Savitri M. Par,  Chef Otje Herman Wibowo S. E, M. Par dan Imania Ayu Wulandari M.M. Par, Dewi Marianah M.Par dan Yoseph Agung selaku penguji hasil ujian mereka. 
















Suasana ruangan pun menjadi sepi seketika saat para penguji memasuki dapur ujian dan mahasiswa menunggu diluar ruangan. Mencicipi, meresapi rasa yang dihasilkan hingga menilai tampilan, dilakukan penguji secara detail. *Selv

Komentar