Chips And Stick Nan Renyah ala Rumahan Di Kelas Patiseri Advance


Chips And Stick Nan Renyah ala Rumahan Di Kelas
Patiseri Advance





Di Kampus Akademi Pariwisata Majapahit tidak   melulu mengajarkan tentang materi memasak maupun aneka kue. Jajanan sejenis keripik ala Rumahan juga diajarkan di kampus ini. Memang sengaja memasukan salah satu materi yang mengajarkan tentang jajanan ala Rumahan agar mereka dapat pula memproduksi snack maupun jajanan yang lebih menyehatkan dibandingkan di Luaran sana. 





Seperti materi chips and stik untuk mahasiswa patiseri advance yang dimulai pada hari Senin 16 Juli 2018. Bersama dosen teknologi pangan, Chef Anas, memberikan beberapa materi chips and stick tentunya Dengan berbagai teknologi pangan. 




Kemudian Chef Anas sempat mejelaskan bagaimana cara membuat aneka kripik dan stik tersebut supaya kering dan tetap tahan lama. ”penambahan air kapur sirih sangatlah membantu proses perenyahanterhadap bahan keripiknya, dan juga renyah lebih lama” kata Chef Anas. 




Setelah penjelasan materi dari dosen pengajar, para mahasiswa segera mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan untuk praktik. Dalam perkuliahan ini, mereka dibagi menjadi 2 kelompok kerja agar dapat mengetahui perbedaan perlakuan bahan satu dengan lainnya.   




Aneka bahan digunakan untuk aneka kripik seperti singkong, kentang, ubi ungu, pisang hingga tempe. Yaitu kebanyakan yang memiliki tekstur agak keras dan tidak lembek yang bertujuan mempermudah mengatur ketebalan pemotongan bahan tersebut. 




 
Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menggunakan peralatan dapur yang biasa digunakan di rumah. Hanya saja saat menggoreng keripik harus sering-sering diaduk agar kematangan merata dan tidak cepat gosong.





Ada juga keripik yang ditambahkan dengan bumbu tabur aneka rasa  yang dibuat oleh para mahasiswa. Racikan ala mereka ternyata sangat cocok untuk taburan keripik tersebut. Rasa pedas gurih, rumput laut, cokelat susu hingga balado. 
“ada pengecualian untuk penambahan rasa seperti balado atau pemberian lapisan keripik dengan menggunakan bahan gula. Cara mengolah harus melalui proses karamelisasi agar ketika pencampuran dengan keripik tetap kering dan tidak melempem” jelas Chef Anas.










Diakhir perkuliahan, mereka tak lupa menatakan tiap produk yang sudah jadi ke dalam piring saji. Sesi icip-icip juga dilakukan oleh mereka beserta dosen pengajar sambil evaluasi.*Selv

Komentar