Hybrid Modern Pastry, Gabungan 2 Jenis Dessert Yang Jadi Tren Masa Kini


Hybrid Modern Pastry, Gabungan 2 Jenis Dessert Yang Jadi Tren Masa Kini




Jajanan kekinian memang sedang digandrungi dan dicari oleh semua kalangan, anak muda khususnya. Sehingga para penjual makanan berlomba-lomba untuk menciptakna sesuatu yang baru Meskipun itu jajanan jadul. Dengan begitu yang biasanya dijual murah, dapat meningkatkan lagi harga jualnya.


 

Oleh sebab itu ilmu seni dalam mengkreasikan sebuah sajian maupun hidangan sangat penting bagi pelaku wirausahawan. Seperti salah satu materi yang diajarkan pada hari Rabu 30 Mei 2018, di Kampus Akademi Pariwasata Surabaya yaitu hybrid modern pastry & chocolate modeling. Materi ini merupakan gabungan 2 jenis sajian manis pastry menjadi satu produk yang baru. 



Chef Arwati S.E, salah satu dosen pengajar patiseri, memberikan beberapa materi hybrid modern pastry kepada mahasiswa S1 Teknologi Pangan. diantaranya meat floss bread choux, cheese matcha cronut, chicken curry choux roll cake, cruffin, Red velvet cake flaky tart, choco cheese choux puff dome dan masih banyak lagi.
Semua resep tersebut adalah resep yang sudah teruji oleh dosen pengajar sebelumnya sehingga dapat dipastikan hasil jadi akan sukses jika para mahasiswa menyimak penjelasan materi sebelumnya. 




Di bawah bimbingan Chef Arwati, mereka mempraktikan tiap materinya dengan baik dan benar. Seperti pada saat salah satu kelompok yang membuat resep chocolate soufflé bowl. Soufflé bowl adalah paduan dari renyahnya kulit mangkuk puff pastry yang diisi dengan legitnya adonan soufflé. Sensasi crunchy saat digigit membuat ingin menikmati produk unik ini.




Setelah mengetahui aneka hybrid modern pastry, mahasiswa S1 teknologi pangan juga berkesempatan membuat dan membentuk chocolate modelling. Tekstur chocolate modelling ini hampir sama dengan fondant sehingga dengan mudah dibentuk untuk hiasan cake mauupun cupcake.




Mereka menggunakan cokelat masak susu dengan campuran glukosa kemudian diuleni hingga mengeluarkan lemak seperti minyak cair dalam cokelat. Alhasil, tekstur chocolate modelling menjadi padat dan dapat diwarnai dengan pewarna sesuai selera mahasiswa. 

 



Ada yang dibentuk seperti hati, aneka bunga dengan batuan cetakan dan karakter. Kemudian mereka letakan hiasan chocolate modelling di atas cupcake yang sudah dibuat sebelunya. Dipercantik lagi dengan buttercream di sela-sela hiasan dan sebagai perekat cake. *Selv

Komentar