Flower Chocolate ShowPiece, Kreasi Cokelat Ala Chef Giat Di Akpar Majapahit Surabaya


Flower Chocolate ShowPiece, Kreasi Cokelat Ala Chef Giat Di Akpar Majapahit Surabaya



Setelah liburan triwulan, Kampus Akademi pariwisata majapahit surabaya mengadakan demo mingguan oleh Chef  profesional dari sebuah brand cokelat ternama, Chef Mate. Demo tersebut memberikan materi yang lebih fresh kepada mahasiswanya, karena materi yang diberikan berbeda dari sebelumnya.






Chef Otje Herman Wibowo S. E, M. Par,, selaku dosen pembimbing juga ikut berpartisipasi dalam demo tersebut tetapi dengan konsep yang tidak sama pastinya. Senin, 25 Juni 2018, Chef Otje mendemokan cara membuat cokelat modeling beserta membentuknya seperti pohon bonsai. Cokelat modelling ini terbat dari cokelat masak pekat maupun susu yang kemudian dilelehkan. Kemudian dicampur denga glukosan dan bahan-bahan lainnya sehingga tekstur cokelat modelling ini seperti fondant. 






Dilanjutkan dengan materi yang kedua yaitu flower chocolate showpiece oleh Chef Giat. 60 mahasiswa patiseri reguler turut hadir untuk melihat dan belajar bagaimana cara membentuk cokelat dengan teknik yang benar. 





Beberapa tips dan trik pun juga diutarakan Chef Giat disela-sela penjelasan materi. “cokelat masak pekat yang baik itu memiliki kandungan fatnya lebih rendah dari pada cokelatnya. Sehingga jika membuat hiasan dari cokelat akan mudah dibentuk dan tidak menggerindil. Salah satunya cokelat Chef Mate ini, selain mudah didapat hasilnya pun bagus” ujar Chef Giat.
 





Dibantu dengan asistenya, Chef Rio melelehkan cokelat dengan suhu panas tepat agar cokelat tidak rusak. Sedangkan Chef Giat mempersiapkan alat-alat dan pelengkat yang dibutuhkan. Tak lupa beberapa bahan pembantu untuk mempercepat proses pembekuan cokelat yaitu cooling spray deco. Ia juga memperkenalkan bahan pewarna cokelat yang berbentuk bubuk dan menghasilkan tekstur cokelat tetap stabil. 




Dengan begitu mahasiswa akpar majapahit mendapatkan pengalaman dan pengetahuan bahan baru dari Chef Giat. Dilanjutkan proses pembentukan cokelat dengan berbagai teknik dan menggunakan alat bantu sederhana seperti plastik mika, pisau, ring cutter hingga cupcake.







Cokelat yang sudah dilelehkan segera dibentuk seperti daun, kelopak bunga dan sarang burung secara cepat dan tepat sehingga hasilnya menjadi sempurna. Cokelat yang sudah beku ditempelkan satu sama lain hingga terbentuk bunga teratai dan sarang burung.




Para mahasiswa dan dosen pengajarpun terpukau dengan hasil kreasi cokelat dari Chef Giat. Mulai dasaran hingga puncak hiasan terbuat dari cokelat masak asli tanpa ada campuran apapun. Cantik dan elegan, kata kiasan yang cocok untuk kreasi dari Chef Giat ini. *Selv

Komentar