Entremet Cake, Hidangan Manis Nan Cantik Karya Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya


Entremet Cake, Hidangan Manis Nan Cantik Karya Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya

 

Entremet cake merupakan sebuah hidangan penutup dengan tampilan yang modern  dan elegan. Cake ini memiliki bentuk dan hiasan yang begitu indah sehingga membuat siapa saja akan bedecak kagum setelah melihatnya. Tak jarang entremets cake jika dijual di Pasaran akan dihargai mahal karena cara membuatnya saja cukup rumit.





Karena kerumitannya itulah masih banyak yang menyerah untuk membuat dan mempraktikan cake tersebut. Butuh ketelatenan tingkat tinggi dan teknik khusus agar berhasil. Tetapi kesulitan tidak dirasakan di Kampus Kuliner Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya. mahasiswanya dibimbing oleh tenaga pengajar profesional dan handal yaitu Chef Arifanda. “Entremets Cake ini cara membuatnya berbeda dengan cake biasanya. Entremets cake merupakan cake yang butuh ketelatenan dan kreatifitas tinggi” jelas Chef Arifanda.




Kelas yang dimulai pada hari Rabu, 23-28 Mei 2018 ini, Kemudian diberikan beberapa resep Entremets Cake dari Chef Arifanda kepada masing-masing kelompok mahasiswa. Bahan-bahan dan peralatan dengan segera disiapkan oleh mereka dan juga berbagi tugas tiap kelompoknya.





Diawal praktik, Mereka membuat bottom cakenya atau cake yang akan dijadikan alas nantinya. Rasa cakenya pun bermacam-macam, ada yang cokelat, vanilla, red velvet dan lain-lain. Selagi menunggu cake matang, anggota kelompok lainnya membuat adonan mousse.





Adonan Mousse ini merupakan bagian terpenting dalam pembuatan Entremet Cake. Mousse yang dibuat oleh para mahasiswa ini memiliki tekstur yang lembut serta segar karena diberikan sari buah didalamya seperti jeruk, stroberi dan lemon. Ada juga yang membuat mousse dengan rasa cokelat dan moka. 



Cara mencetak mousse ini menggunakan cetakan khusus yaitu terbuat dari silicon anti lengket, Yang dilanjutkan dengan proses pembekuan adonan mousse ke dalam freezer selama sehari semalam. 







Lalu Chef Arifanda mempraktikan cara menyiram entremets cake yang sudah beku dengan glaze. Glaze yang berkilau, memberikan kesan mewah pada cake ini. Lalu dihias dengan potongan buah, selai, cream, biskuit dan cokelat. 



Dihari terakhir praktik, Para mahasiswa diberikan materi hidangan penutup lainya yaitu dessert in glass. Dessert yang disajikan dalam gelas memang selalu terlihat enak dan menarik sehingga mereka membuatnya seperti menata sebuah taman bunga yang indah. *Selv

Komentar