Upside Down Hanging Wayang Wedding Cake, Karya Unik Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya


Upside Down Hanging Wayang Wedding Cake, Karya Unik Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya 



Tak habis-habisnya ide cemerlang muncul untuk membuat suatu produk makanan yang terbaru dan unik dari mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya. seperti salah satu cake yang sudah dipamerkan dari mahasiswa patiseri advance pada Pagelaran Indonesia Chef Expo 2018 kemarin, Jumat 4-6 Mei 2018 Di Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya yaitu upside down hanging wayang wedding cake.


Chef Laurentia Vivi S.Pd. M.MPar, dosen pembimbing Kelas patiseri advance, ia mengusung tema traditional hybrid wedding cake yaitu menggabungkan 2 unsur Tradisional dengan Modern. Cake unik ini terdiri dari 5 susun cake dari sterofoam yang berwarna pastel terkesan klasik nan elegan. 





7 mahasiswa patiseri advance juga ikut membuat dekorasi cake serta pernak-perniknya seperti mutiara dari fondant yang mengelilingi di sela-sela cakenya. Penambahan wayang-wayang berwarna putih gading dibeberapa sisi cake, menambah unsur tradisional khas Jawa. 



Cia,Steven dan Kenneth, mahasiswanya patiseri advance, membuat floral dari royal icing di sisi-sisi cakenya sehingga terlihat seperti batik yang berwarna putih.cara membuatnya juga butuh ketelatenan tingkat tinggi karena menggunakan cetakan berbentuk lembaran tipis.


Keunikan lainnya adalah posisi cake ini terbalik dan menggantung ketika disajikan pada pameran Expo nantinya. Tak lupa, mereka juga mempercantik cake dengan menambahkan bunga mawar putih segar dibagian atas dan sisi-sisi cakenya.







Selain itu, mahasiswa lainnya mempersiapkan untuk membuat beberapa sajiian untuk sweet corner yang akan disajikan di stand Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya di Expo esoknya.sajian yang dibuat mereka dalam ukuran kecil atau satu kali suap saja, sehingga para tamu undangan Expo dapat mencicipinya. Produk yang dibuat antara lain fondant cupcake, risol mayo, kroket kentang, black forest pudding, pannacota pudding, onde-onde nutella, panada tuna dan meringue



Untuk penyajian sajian sweet cornernya pun tak kalah cantik. Tiap kue diletakan dipiranti berbentuk seperti nampan terbuat dari batu alam, keranjang roti dan pilar cupcake. Siapa pun yang melihat pastinya akan tertarik dan ingi mneyicipinya pastinya. *Selv

Komentar