Menguji Kreatifitas Mahasiswa Patiseri Advance Diujian Materi Bon Bon


Menguji Kreatifitas Mahasiswa Patiseri Advance Diujian Materi Bon Bon



Senin, 28 Mei 2018 mahasiswa patiseri advance membuat kreasinya diujian praktik mingguan dengan materi perkuliahan bon bon. Bon bon merupakan salah satu snack cokelat yang berbahan dasar dari cokelat masak. Selama 4 hari lamanya, mereka mempelajari materi tentang aneka bon bon oleh dosen pengajar professional Chef Laurentia Vivi S.Pd. M.MPar.






Dalam ujian ini, mahasiswa harus mempraktikan kreasinya secara individu. Sehingga resep yang digunakan tidak akan sama satu sama lain. Mulai dari bahan, isian hingga hasil jadinya, mereka tidak diperkenankan sama.





Seperti biasanya, bahan dasar yang digunakan adalah cokelat masak tetapi mereka membuat kreasi baru dari biasaya. Penambahan bahan isi contonya, ada yang me  nggunakan buah kaleng, mix peel fruits, ganache dan rice crispy.




Uniknya, ada 2 produk yang menggunakan isian bon bon yang berbeda dari lainnya yaitu klepon bon bon dan avocado coffee praline. Klepon bon bon ini hasil kreasi dari mahasiswa yang bernama Sascia, ia membuat  isiannya seperti isian dadar gulung yaitu unti atau kelapa yang dimasak dengan gula merah. Paduan Rasa yang pas dari manis cokelat putih dengan manis gurihnya dari unti.




Sedangkan produk unik satunya yaitu avocado coffee praline, kreasi produk dari mahasiswa lainnya, Kenneth. Bertolak elakang dengan produk sebelumnya. Kenneth membuat kesan segar saat memakan produk bon bonya yaitu krim alpukat.  Segarnya alpukat dipadukan dengan rasa kopi yang khas menghasilkan produk dengan rasa yang unik.







Nampak sekali wajah serius dibeberapa mahasiswa saat ujian tetapi mereka lakukan dengan tenang dan tertib. Kemudian tak lupa, produk yang sudah jadi dihias dan di tata dalam piring saji untuk dinilali oleh Chef Vivi. 



Evalusi produk juga dilakukan oleh Chef Vivi untuk mengulas semua produk yang dibuat oleh mahasiswanya.*Selv

Komentar