Mahasiswa Patiseri Advance Diuji Ketelatenan Dan Kreatifitasnya Di Kelas Latte Art

Mahasiswa Patiseri Advance Diuji Ketelatenan Dan Kreatifitasnya Di Kelas Latte Art




Latte art merupakan seni menghias di atas secangkir espresso dengan bahan dasar minuman cappuccino.  Dengan tampilan Kopi nan cantik ini, derajat kopi biasa menjadi istimewa. Serta sangat cocok dijadikan suatu produk usaha seperti di Kafe kebanyakan. Namun, seni minuman kopi tersebut masih jarang yang bisa karena sulitnya menghias di Atas secangkir.






Kampus Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya mengajarkan ilmu tentang cara menghias di atas secangkir kopi yaitu latte art. Khususnya di kelas patiseri advance, dalam perkuliahanya terdapat pembelajaran seputar kopi.  Dalam mata kuliah latte art ini mendatangkan Chef professional yaitu Chef Jelmy. 




Dalam salah satu penjelasan materinya, Chef Jelmy menjelaskan seputar biji kopi dan jenis-jenisnya. Dan jenis kopi yang sering diminati dan dikenal untuk dijadikan komoditas bisnis adalah Arabika dan Robusta,  selain jenis kopi, Chef Jelmy juga menjelaskan karakter kopi yang baik dan bagaimana cara penyeduhan yang benar.





Ada beberapa materi minuman kopi panas dan dingin yang akan diberikan dan dipraktikan oleh mahasiswanya. Espresso, caffee latte, cappuccino, frappuccino, ice coffee dan latte art. Mereka mencoba mempraktikkanya tiap materi secara perorangan. 



 
Mulai dari penimbangan biji kopi hingga penyeduhan kopi menjadi segelas espresso dilakukan mereka dibawah bimbingan Chef Jelmy. 





Espresso yang sudah siap, bisa dijadikan salah satu bahan untuk membuat kreasi latte art. Chef Jelmy mencontohkan berbagai seni menghias kopi seperti membentuk hati, hewan hingga wajah Albert Einstein.  



Sempat pula, mahasiswa patiseri advance diberi tantangan untuk membuat suatu resep variasi minuman kopi. Mengkombinasikan kopi dengan aneka sirup buah, cokelat bubuk atau bubuk teh hijau dan bubuk rasa lainnya akan menghasilkan rasa yang cukup unik. 


Ivony




Seperti minuman kopi buatan Ivony, salah satu mahasiswanya, ia membuat avocado nut coffee latte. Paduan antara kopi espresso dengan bubuk rasa alpukat dan kacang, menjadi suatu kombinasi unik yang cocok dan menyegarkan. 







Tentu saja mahasiswa lainnya ikut mencoba membuat kreasi kopi yang berbeda antara satu sama lain. Tak lupa, mereka saling mencicipi hasil kreasi mereka dan saling mengomentari kombinasi antara kopi dengan bahan tambahan lainnya. *Selv

Komentar