Lucunya Variasi Cake Low Fat Dan Gluten Free ala Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya


Lucunya Variasi Cake Low Fat Dan Gluten Free ala Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya



Senin, 23 April 2018 mahasiswa Akademi Pariwisata Manjapahit Surabaya jurusan teknologi pangan mendapatkan materi yang unik dan menyehatkan yaitu low fat chiffon cake, gluten free cake dan macarons. Materi ini sangat disarankan sekali untuk mempelajarinya karena cake ini lebih sehat dibandingkan dengan cake-cake lainnya.


Chef Fitri Syntiadewi S. E salah satu dosen pengajar Akpar Majapahit Surabaya, memberikan beberapa resep chiffon cake dengan aneka teknik dan bentuk. “chiffon cake merupakan cake yang menggunakan metode pengocokan kuning dan putih telur secara terpisah, karena tidak menggunakan cake emulsifier atau bahan pengembang sehingga pengocokan putih telur sangat mempengaruhi lembut tidaknya cake” jelas chef Fitri.



Namun dalam satu kelas, mereka mempraktikan resep yang saling berbeda satu sama lain karena dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga mereka dapat belajar dan mengetahui aneka kreasi dari chiffon cake.  



Mereka diajarkan pula bagaimana membuat layer dan bentuk tiap resep. Seperti layered low fat cake, wavy deco cake dan vertical layer cake. Salah satu Cara mereka lakukan untuk dapat membentuk lapisan atau layer cukup unik yaitu dengan memberikan pembatas dari aluminium foil. Kemudian setelah adonan yang sudah dituang, pembatas tersebut diangkat secara perlahan.



Lainnya, chiffon cake mereka dibentuk karakter seperti hello kitty dan keropi. Selain itu, chef Fitri memberikan materi chiffon cake yang tak kalah unik yaitu chiffon cake yang dibentuk 3D. bentuk cake kali ini lebih rumit karena mahasiswa harus membentuk perbagian cake agar dapat membentuk karakter 3D.





selain cake chiffon, mahasiswa teknologi pangan membuat gluten free cake yaitu cake yang terbuat dari tepung ketan dan tepung beras sehingga aman dan sehat dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa dalam jumlah banyak. 



Kemudian, mereka diajarkan pula membuat macaron yang merupakan salah satu kue yang biasanya dibuat dengan putih tellur, gula halus dan almod bubuk. Kue ini juga salah satu kue yang lumayan sulit untuk membuatnya karena tak jarang orang yang membuatnya tidak sukses. Namun mereka membuatnya macaron ini sukses berat, macaron mereka dapat mengeluarkan kaki (adonan yang tertekan berbentuk keriting yang keluar). Pastinya wajah sumringah terlihat pada mereka yang sudah membuat susah payah. 




Dari semua produk yang dibuat, chef Fitri selaku dosen pengajar merasa senang karena mahasiswanya dapat membuat produk yang baik dan sukses. *Selv

Komentar