Belajar Membuat Aneka Produk Dari Yoghurt Beserta Kreasinya Di Akpar Majapahit Surabaya


Belajar Membuat Aneka Produk Dari Yoghurt Beserta Kreasinya Di Akpar Majapahit Surabaya



Yoghurt merupakan produk yang terbuat dari susu sapi murni kemudian difermentasikan oleh bakteri baik yaitu lactobacillus atau biasa disebut juga dengan starter. Dan yoghurt juga salah satu bahan makanan yang sangat menyehatkan jika dikonsumsi secara teratur dan benar. 




Di Kampus Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya tidak hanya diajarkan tentang kepariwisataan maupun masakan saja kepada mahasiswanya. Tetapi disana juga dikenalkan tentang teknnologi pangannya seperti membuat yoghurt ala Rumahan. Tepat dihari Senin 23 April 2018, Kelas patiseri advance meneri pelajaran seputar yoghurt and ice cream.




Bersama dosen pengajar professional dibidang teknologi pangan, chef Anas mengajarkan bagaimana membuat yoghurt beserta kreasinya. “untuk membuat yoghurt, kalian harus menggunakan susu sapi murni. Karena jika menggunakan susu sapi yang sudah ada campurannya seperti susu kedelai atau santan maka yoghurt tidak akan jadi” terang chef Anas.






Setelah menyimak dan mencatat semua penjelasan materi dari chef Anas, para mahasiswa  denga segera menyiapan apa saja bahan yang dibutuhkan. Sambil melihat resep yang sudah diberikan oleh masing-masing kelompok, mereka langsung mempraktikan secara teliti dan cepat.




Dalam pembuatan yoghurt ini, dosen pengajar sangat memperhatikan cara dan teknik pembuatannya karena jika salah suhu dan penanganannya bisa tidak akan sukses. Seperti cara pengemasan yoghurt, kemasan atau tempat yang akan digunakan harus benar-benar steril dan suhu ruang penyimpanan tidak boleh panas. Kemudian yoghurt disimpan selama sehari semalam hingga tekstur mengental. 




Yoghurt yang sudah jadi dapat dikreasikan kembali dengan membuat aneka es krim maupun minuman. Contohnya es krim yoghurt rasa stroberi, minuman yoghurt dan set yoghurt.







Ada juga materi yang diberikan oleh chef Anas tentang cara membuat es krim aneka sayur dan kacang-kacangan. Selain enak, es krim yang dibuat oleh mereka merupakan es krim yang sehat karena terbuat dari paduan sayuran segar dan kacang-kacangan. *Selv


Komentar