Mudahnya Membuat Bakso Sapi Kwalitas Terbaik Di Akpar Majapahit Surabaya


Mudahnya Membuat Bakso Sapi Kwalitas Terbaik
Di Akpar Majapahit Surabaya



Sabtu, 7 April 2018, Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya mengadakan cooking class dengan tema yang menarik yaitu ‘membuat bakso sapi dan pelengkapnya’. Karena peminat cooking class tema bakso ini sangat diminati oleh para masyarakat umum sehingga di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya kerap membuka kelas bakso ini.



Sekitar 13 peserta yang mendaftar dan berminat sabagai peserta untuk mengikuti cooking class yang berlangsung di Gedung J5 Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya. materi yang diberikan oleh mereka antara lain : bakso kasar, bakso halus, tahu bakso dan gorengan. “untuk resep pembuatan bakso halus, saya akan mengajarkan 2 jenis yaitu yang menggunakan bahan pengenyal dan tanpa bahan pengenyal” terang chef Ernawati, selaku salah satu dosen Akpar Majapahit Surabaya.


Diawali dengan penjelasan dari chef Erna kepada peserta seputar bahan yang dibutuhkan yang memiliki baik serta penggunaan bahan tambahan seperti pengenyal, MSG dan masih banyak lagi. Selama penjelasan materi, peserta juga memberikan pertanyaan-pertanyaaan seputar pembuatan dan bahan bakso, karena dalam cooking class ini tidak hanya diajarkan membuat bakso saja melainkan pengetahuan teknologi pangannya juga.






Setelah materi, mereka langsung mempraktikan materi bakso halus dan kotak dengan menggunakan daging sapi kwalitas baik yaitu daging tanpa lemak. “jika ingin membuat bakso halus atau kasar dengan tekstur tetap kenyal itu dengan menggunakan daging segar yang baru dibeli dari pasar dan saat mengolahnya harus dalam keadaan dingin” jelas chef Erna. Cooking class ini, chef Erna juga dibantu dengan 2 asistennya untuk membimbing peserta membuat bakso yang benar. 




Mereka diajarkan membentuk bakso tidak hanya dengan menggunakan tangan saja, tetapi dikenalkan pula mesin pencampur adonan dan pencetak bakso. Dengan begitu mereka punya pilihan akan menggunakan alat maupun tidak, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan usaha yang akan dijalankan. 


Kemudian chef Erna mengajarkan bagaimana cara membuat pelengkap bakso lainnya seperti tahu bakso. Tahu bakso yang dibuat merupakan tahu goreng siap pakai yang kemudian diisikan dengan adonan bakso halus.



Pelengkap lainnya yaitu gorengan dari kulit pangsit yang diisi dengan potongan sayuran lalu digoreng hingga kering. Peserta tak hanya melihat chef Erna mendemokan materi-materinya, tetapi mereka diajak untuk membuat dan membentuk resep yang diajarkan. seperti cara menyimpan bakso yang sudah matang dengan menggunakan mesin vacum. cara ini bisa digunakan jika menginginkan disimpan dalma jangka waktu yang lama, biasanya dibut juga frozen food.




 
Diakhir cooking class, peserta dapat mencicipi sekaligus membawa pulang hasil praktiknya. Sehingga orang rumah juga dapat merasakan hasil dari cooking class yang mereka ikuti. *Selv

Komentar