Membuat Aneka Jajanan Masa Kini Ditema Perkuliahan Street Food Creation


Membuat Aneka Jajanan Masa Kini Ditema Perkuliahan
Street Food Creation

 



Street food  merupakan jajanan yang sedang populer di Suatu Daerah dan kerap dicari maupun disukai oleh semua kalangan, kalangan anak muda khususnya. Oleh sebab itu, di Kelas patiseri advance selalu memperbaharui materi perkuliahanya dari apa saja yang sedang ‘ngetren’ saat ini seperti tema perkuliahan nya yaitu street food creation.





Dosen pembimbing chef  Laurentia Vivi S.Pd. M.MPar, memberikan beberapa materi jajanan kekinian untuk dipelajari dan dipraktikan. “mempraktikan resep-resep yang saya berikan tidaklah terlalu sulit jika kalian memperhatikan teknik dan komposisinya” jelasnya. Sambil mendengarkan penjelasan dari dosen pengajar, para mahasiswa mencatat apa saja yang digunakan.








Tujuh mahasiswa yang dibagi beberapa kelompok tersebut dengan segera mempersiapkan bahan yang dibutuhkan. Jumlah dan bahannya pun tidak semua sama karena resep yang diterima tiap kelompok berbeda. Materi yang mereka dapatkan cukup banyak yaitu aneka klappertart, Korean bread, es kepal, kue ijo dan lain-lain. 




Disaat praktik, mereka tidak dibiarkan begitu saja melainkan tetap diawasi dan diperbaiki jika melakukan teknik pembuatan yang salah oleh chef Vivi. 





Semua produk yang dibuat, bukan jenis street food manis saja  tetapi ada yang berasa gurih yaitu chicken pao. Chicken pao, merupakan salah satu street food gurih yang menggunakan teknik pembuatan adonan dasar seperti pao. Cara pengolahanya yaitu dengan cara dikukus sebentar hingga mengembang dan matang. Perbedaannya adalah bentuknya seperti pocket sehingga dengan mudah diisi oleh isian.





Meskipun tema perkuliahanya street food, hasil tiap kelompok dikumpulkan ke meja penilaian harus sudah dalam keadaan ditata dan dihias cantik. Kemudian dosen pengajar dapat mencicippi dan memberikan evaluasi pada produk tiap kelompok.






“Setelah mempelajari aneka streetfood, kalian harus mempersiapkan tema apa yang harus dibuat untuk ujian esok harinya. Pastinya kalian dapat menggunakan resep dasar yang sudah dipraktikan tetapi dikreasikan kembali atau dapat dimix & match” kata chef Vivi.*Selv


Komentar