Kreasi Puding Art Kekinian Ala Mahasiswa S1 Teknologi Pangan


Kreasi Puding Art Kekinian Ala Mahasiswa
 S1 Teknologi Pangan



Senin, 9 Maret 2018, mahasiswa S1 Teknologi Pangan  Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya mendapatkan materi perkuliahan kreasi art pudding yang sedang diminati oleh masyarakat luar. Dalam tema kali, mereka mempelajari aneka teknik dan membentuk puding yang berbeda dari biasanya.



Sebelumnya para mahasiswa diberi penjelasan tentang materi yang akan dipraktikan oleh dosen pengajar.  pudding art merupakan kreasi puding yang sedang tren serta mulai ramai diperbincangkan dikalangan pecinta jeli dan puding. Dan untuk membuatnya perlu ketelatenan dan kesabaran yang tinggi untuk membentuk dan membuat corak 3D di dalam puding maupun di luar” terang Chef Fitri Syntiadewi S. E, salah satu dosen pengajar Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya.




Kemudian bahan serta alat yang dibutuhkan dengan segera dipersiapkan oleh tiap kelompok. Dalam satu kelas, mereka terbagi menjadi 4 kelompok dengan resep puding yang berbeda pastinya






Selama 5 Hari praktik, para mahasiswa menerima berbagai macam materi puding art yaitu puding jelly cream, puding suntik, puding lukis, puding jelly art hingga puding 3D. tentunya tiap materi menggunakan teknik yang berbeda, seperti puding suntik, adonan yang sudah diberi warna harus dengan segera disuntikan kedalam puding dasar karena adonan warna akan cepat membeku kembali. 






Hingga Suasana hening terjadi di kelas ini saat mereka mulai mempraktikan materi puding lukis. Puding ini merupakan puding yang memiliki tampilan seperti lukisan dipermukaanya karena cara kerjanya seperti melukis di atas kanvas. Tetapi kali ini mereka melukis di atas puding. Lukisanya pun beraneka ragam, ada yang melukis tema seperti naga, kartun animasi dan batik.





Dari semua materi yang dikerjakan oleh para mahasiswa, ada satu materi art pudding yang cukup unik yaitu puding 3D. terlihat mereka membuat puding ini dengan penuh kesabaran dan telaten karena bentuk pudingnya menyerupai aneka sajian makanan seperti stik daging lengkap dengan pelengkapnya, sushi, bakso dan spaghetti bolognaise. Tampilanyapun sekilas mirip dengan aslinya hanya saja terbuat dari puding yang berasa manis.





Roll Puding Suntik

Puding lukis



 Chef Fitri, dengan wajah ‘sumringah’ menyambut hasil yang dikerjakan oleh tiap kelompok mereka. “ saya sangat terkesan sekali dengan hasil kalian, teknik, pemberian warna hingga membentuk adonan puding. Sehingga haisl kalian sesuai ekspektasi saya” ujar chef Fitri. *Selv

Komentar