Hidangan Buffet Nan Lezat ala Mahasiswa Kuliner Diujian Akhir Triwulan


Hidangan Buffet Nan Lezat ala Mahasiswa Kuliner 
Diujian Akhir Triwulan

 

Buffet adalah salah satu jenis pelayanan yang menyajikan makanan dimana makanan tersebut sudah disajikan tanpa harus dipesan oleh tamu terlebih dahulu, dan biasanya cara menghias hidangannya pun tidak begitu banyak dan simple. Begitu pula dengan pengambilan tema dalam ujian akhir triwulan mahasiswa kuliner akpar majapahit surabaya yaitu buffet.




Ujian yang dilaksanakan pada hari Rabu 28 Maret 2018 ini, dilakukan secara berkelompok yang sebelumnya sudah merancang hidangan apa saja yang akan dipamerkan perkelompoknya nanti. Tidak hanya merancang hidangan saja, mereka juga merancang pernak-pernik serta tatanan seperti apa yang akan dipakai dalam ujiannya. Sehingga tampilan dari semua sudut meja terlihat sempurna.



Waktu yang diberikan oleh dosen pembimbing chef Purwantoro S.St.Par, M.M dan chef Yanuar Kadaryanto M.M juga tidak terlalu banyak, hanya 2 jam saja mereka diberikan waktu untuk menyelesaikan semua hidangannya.



Sehingga para mahasiswa pun dengan cekatan mengolah semua bahan-bahan yang sudah disiapkan. Kerja sama dalam kelompok juga terlihat jelas ketika mereka sibuk dengan tugasnya masing-masing. Tetapi sesekali mereka juga saling bertukar pendapat terhadap masakanya apakah sudah pas atau belum. 



Beberapa dari mereka memilih hidangan tradisional dibandingkan dengan hidangan modern yang ditampilkan dengan cukup menarik serta dengan rasa yang enak tentuknya. Seperti sayur asam, sayur bayam, tahu balado, sambal goreng kentang hati ampela dan masih banyak lagi. Uniknya, ada salah satu hidangan kekinian yang dibuat juga oleh mereka dan  menarik perhatian yaitu ayam geprek.



Ada pula hidangan sepinggan dibuatkan oleh salah satu kelompok yaitu gado-gado. Hidangan sepinggan memiliki arti suatu hidangan dimana seluruh sumber karbohidrat, sumber protein dan sumber vitamin terdapat dalam satu hidangan. 













Diujian praktik ini, semua hidangan yang sudah ditata dalam meja penyajian akan diberi penilaian oleh dosen pembimbing serta  dosen pengajar lainnya seperti chef Renni Savitri M. Par. Penilaianya meliputi dari tampilan, tekstur, rasa dan kreatifitas.*Selv

Komentar