Unik, Jajanan Tradisional Yang Dikemas Moderen Di Kelas Patiseri Advance



Unik, Jajanan Tradisional Yang Dikemas Moderen 
Di Kelas Patiseri Advance





Jajanan tradisional memang sangat beragam mulai dari bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya hingga bentuk khasnya. Dan kini banyak jajanan pasar yang diubah dari segi rasa hingga bentuk menjadi tampilan yang modern. Sehingga nilai harga jajanan yang murah dapat ditingkatkan karena tampilan yang moderen. Karnanya, di Akademi Pariwisata Surabaya menyajikan pula mata kuliah tradisional modern di kelas khusus patiseri advance Agar para mahasiswanya dapat menciptakan sajian tradisional yang dikemas modern.

 



Bertepatan pada hari Selasa 6 Maret 2018, Kelas yang di bimbing oleh chef Laurentia Vivi S.Pd. M.MPar ini selalu menampilkan sajian yang unik dan baru. “materi ini akan menjelaskan berbagai macam jajanan tradisional yang biasa kalian konsumsi di luar sana. Kemudian diubah menjadi jajanan tradisional dengan tampilan baru dan kekinian” terang chef  Vivi. Materi yang diberikan juga bervariasi, seperti martabak, mini rainbow roll, es krim kukus, rondo royal biskuit dan masih banyak lagi. 



Selama 4 hari lamanya, mereka mempraktikan semua resep sesuai tema tiap harinya. Setelah mereka menerima penjelasan dari dosen pembimbing, segera mereka mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari penimbangan bahan, mereka kerjakan secara akurat agar hasil produk tidak gagal. 







Dengan mudah mereka praktikan  semua resep secara bertahap sesuai dengan intruksi chef Vivi. Seperti sajian manis yaitu mini rainbow roll, es krim kukus dan martabak charcoal. Ketiga produk ini sangat sedap dipandang karena terlihat seperti warna pelangi.







Ada satu lagi sajian manis yaitu klepon sangrai. Berbeda dengan klepon-klepon pada umumnya, produk ini sejenis permen tetapi disajikan ala klepon yang disajikan dengan penuh warna. Ada pulasajian manis lainnya seperti rondo Royal biskuit, cara bikang mekrok dan lapis tenun yang sama uniknya ketika dibuat oleh Gaby dan Cia.




Selain sajian manis, mereka juga diajarkan jajanan tradisional yang berasa gurih yang dibuat kekinian. martabak mozzarella contohnya, produk yang biasa ini disulap menjadi hidangan yang menarik dan baru. Aroma gurih dari keju langsung menusuk ke hidung ketika martabak dipanggang kedalam oven. Gurihnya tumisan daging dan telur ditambahkan dengan keju mozzarella yang meleleh diatasnya semakin menambah kelezatan martabak ini. 







Kemudian semua sajian yang sudah matang tidak lupa mereka hias sedemikian rupa agar semakin cantik ketika dinilai oleh chef Vivi. Tahap evaluasi produkpun dilakukan chef Vivi kepada mahasiswa patiseri advance supaya kedepannya menjadi lebih baik lagi.  


Komentar