Sajian Fusion Present dessert Ala Mahasiswa Patiseri Advance



Sajian Fusion Present Cakes Ala Mahasiswa Patiseri Advance



Tak habis-habisnya ide mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya dituangkan dalam sebuah produk makanannya seperti ujian mahasiswa patiseri advance. Kali ini mereka menciptakan suatu produk baru dengan  kombinasi dari beberapa produk yang kemudian dipadupadankan hingga menjadi satu jenis makanan dengan cita rasa yang baru atau bisa disebut dengan fussion food.



Ujian praktik the present dessert yang dilaksankan pada hari Senin 5 Februari 2018 ini, terkesan menegangkan karena para mahasiswa sudah tidak dapat menanyakan apapun itu permasalahan terhadap prosedur produknya dengan dosen pengajar chef  Laurentia Vivi S.Pd. M.MPar . Akan tetapi mereka percaya diri dan optimis akan hasil produk-produknya pasti baik. Dengan mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan secara cermat, mereka lakukan sebelum mengeksekusinya. 



Gaby, salah satu mahasiswa patiseri advance, ia membuat produk cake yang dikombinasikan dengan klepon. Ia membuat beberapa dasar cake sponge cake yang diberi warna dan rasa yang berbeda. Selain itu, Gaby juga membuatkan 'enten-enten'  dari parutan kelapa yang dicampur dengan gula aren sehingga memperkaya rasa cakenya.


Kemudian ia membuat kombinasinya yaitu klepon. Akan tetapi tampilan klepon yang dibuat oleh Gaby menggunakan campuran bahan lainnya seperti ubi ungu dan labu kuning sehingga rasa nya menjadi unik. 



Berbeda dengan Cia, produk yang dibuat merupakan sajian gurih dari éclair yang dikombiansikan dengan salted chicken yang sedang ‘ngetren’ saat ini. Éclair merupakan sejenis sus hanya saja bentuknya memanjang. Lalu  Ia pun melanjutkan membuat isian salted chicken dengan tekstur yang krispi kemudian dimasak dengan saus telur asin.


Isian tersebut diisikan kedalam éclair yang sudah matang dan bersuhu ruang hingga penuh. Lalu ditaburi dengan irisan daun bawang diatas salted chicken.

 



Tahap terakhir, mereka menghias produknya dengan berbagai hiasan yang disesuaikan dengan jenis sajiannya. Setelah itu, chef Vivi mencicipi semua produk dari mahasiswa untuk dievaluasi. ”semua hasil ujian kali ini sudah cukup memuaskan karena kalian dapat memadupadankan dua sajian berbeda menjadi satu sehingga menciptakan produk yang unik dan enak” ujar chef Vivi kepada mahasiswa patiseri advance.*Selv

Komentar