Resep Sajian Jadul Dengan Tampilan Baru Di Kelas Patiseri Advance



Resep Sajian Jadul Dengan Tampilan Baru Di Kelas
Patiseri Advance






Kini di Indonesian kerap menemukan jajanan maupun sajian gurih atau asin yang menggiurkan dijalanan dan supermarket. Padahal sebenarnya sajian tersebut merupakan jajanan dengan resep lama namun para penjual berinovasi hingga menciptakan sebuah produk lama dengan tampilan baru. Sama seperti tema  mata perkuliahan the present dessert disalah satu Kampus ternama  Surabaya yaitu Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya 






Tema tersebut di berikan kepada para mahasiswa Akademi Pariwisata Surabya, di Kelas patiseri advance khususnya. Dengan dosen pengajar profesional yaitu Laurentia Vivi S.Pd. M.Mpar, selalu memberikan penjelasan materi perkuliahan yang akan diajarkan kepada mahasiswanya. Serta tips-tips jitu agar produk tidak gagal dan sempurna.




Setelah menerima penjelasan, Gaby dan Cia, mahasiswa patiseri advance mempersiapkan bahan dan alat apa saja yang digunakan. Meskipun produk yang akan dibuat merupakan sajian lama, bahan yang disiapkan harus dari bahan yang berkualitas baik seperti tepung terigu Bogasari, margarin Filma dan masih banyak lagi. Ditambah dengan bahan segar seperti daging ayam, sapi, sayuran segar akan menambahtampilan menjadi berbeda.
Perkuliahan yang dimulai pada Hari Selasa 27 Februari 2018 ini, mendapati beberapa resep dari dosen pengajar selama 4 Hari lamanya. Ada 2 resep yang dipraktikan oleh mereka dihari pertamanya yaitu roll lapis legit dan roll lapis Surabaya. “ lapis legit dan lapis Surabaya memang kerap kita jumpai dengan rupa yang itu-itu saja, kali ini kita rubah tampilannya menjadi gulung” terang chef Vivi.




Antusias begitu terlihat ketika mereka membuat adonan dasar hingga tahap mencetak adonan kedalam loyang dengan cekatan. Tak lupa, bagian atas lapis legit diberi irisan manisan buah prun hingga rata. Berbeda dengan lapis Surabaya,  cake yang sudah matang kemudian dipotong-potong lalu di satukan hingga menjadi bulan dan padat.



Selain sajian yang digulung, mereka juga diajarkan materi sajian gurih yaitu pizza risolle. Sajian ini merupakan risol yang dibuat seperti tampilan pizza. Gaby, kali ini kebagian resep risolle pizza yang kemudian ia modifikasi isian risoles biasa dengan potongan paprika, sosis sapi serta ditopping ala pizza pada umumnya. Aroma menggoda langsung keliar saat adonan pizza risolle dipanggang dalam oven.



Selagi Gaby membuat pizza risolle, Cia pun membuat resep lainnya yaitu pandan choux sobek. Sajian gurih ini merupakan sus yang dikreasikan menjadi mangkuk sus yang diisi dengan isian rogut ayam. Cia membuat adonan sus nya sama seperti sus lainnya tetapi ia rubah rasa dasar sus menjadi pandan.



Dilanjutkan dengan tema cake dan puding.yang dipraktikan oleh mahasiswa patiseri advance. “cake yang biasa kita buat akan kita kreasiakan berbentuk angka dan huruf yang dipadukan dengan krim, aneka potongan buah, wafer salut, cokelat batangan serta bunga segar” ujar chef Vivi. Tampilan cake masa kini semakin cantik ketika Gaby dan Cia menambahkan meringue diatas cake nya.



Selanjutnya Chef Vivi memberikan teknik membuat puding yang berbeda yaitu ’ada puding didalam puding’. Puding ini jika dipotong akan ada puding yang berwarna-warni serta penampakan puding bercorak polkadot layaknya pelangi.






Gaby dan Cia menyajikan semua produknya dengan cantik dan menarik  dengan hiasan seperti buah maupun sayuran segar. “hasil keseluruhan produk kalian sudah bagus dan sepertinya sudah siap untuk menerima ujian praktik selanjutnya” terang chef Vivi. *Selv




Komentar