Menguji Kekompakan Mahasiswa Di Tema Ujian Special Occasion Cake



Menguji Kekompakan Mahasiswa
 Di Tema Ujian Special Occasion Cake



Setelah menerima berbagai materi pastry art, saatnya para mahasiswa di uji kretifitas dan kekompakan mereka dengan ujian praktik dengan tema special occasioin cake. Ujian praktik ini dilaksanakan dihari Kamis 15 Februari 2018 dikampus ternama akademi pariwisata majapahit surabaya. Berbeda dengan praktik sebelumnya, kali ini mereka dituntut  untuk  membuat cake yang berkarakter.




Cake tersebut berukuran lumayan besar seperti cake ulang tahun tetapi bermacam-macam dekorasi. Mereka diberikan dua pilihan dasar  lapisan cake nya yaitu butter cream dan fondant. “Kalian bisa memilih lapisan cakenya dari butter cream atau fondant. Kemudian kreasikan sesuai dengan tema cake yang sudah dipilih per kelompok” ujar chef Arwati S.E selaku dosen pengajar di kelas patiseri S1 teknologi pangan. 



Penjelasan teori sudah tidak diberikan lagi kepada mereka karena sudah diberika sebelumnya oleh chef Arwati. Mahasiswa pun langsung mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Kerja sama tim sangat dibutuhkan dalam mengerjakan ujian praktik ini agar dapat mempercepat proses pembuatan dan produk menjadi bagus.


Tema yang diambilpun beranenka ragam, mulai dari tema valentine’s day, Natal, baju seragam bola hingga karakter hewan seperti kucing. Tiap kelompok juga sudah membagikan tugasnya masing-masing. Ada yang mendapatkan tugas mengocok adonan dasar cake, mengolesi loyang hingga membuat hiasan dari fondant atau butter cream.
Tak lupa oven pemangangan dipanaskan terlebih dahulu oleh salah satu mahasiswa agar ketika adonan tak perlu menunggu lama. Susana riweuh terlihat saat tahap dekorasi dilakukan tiap kelompok.


Seperti salah satu mahasiswa yang bernama Maria, ia dengan telaten mewaranai bahan fondant dan membentuknya menjadi seekor kucing lucu. Ia membuat kucing tersebut secara detail, mulai dari mata, ekor, telinga dan tubuhnya.




Lalu kelompok yang sudah selesai mendekorasi cakenya, segera dikumpulkan ke meja penilaian yang sudah disediakan oleh chef Arwati. Penilaian produk meliputi tingkat kesulitan, kreatifitas dan tekstur cake. Tentu saja tahap evaluasi selalu dilaksanakan oleh chef Arwati kepada mahasiswanya diakhir praktik. “ produk kalian sudah cukup bagus dari rasa dasar cake hingga penampilan cakenya. Ditingkatkan lagi kreatifitasnya agar skill kalian semakin bertambah” jelas chef Arwati diakhir evaluaisnya. *Selv

Komentar