Kreasi Petit Four Yang Menggugah Selera

Kreasi Petit Four Yang Menggugah Selera



Peminat bidang pastry saat ini memang sudah merajalela, begitu banyak hasil kreasi masyarakat yang bisa kita jumpai di cake shop, bakery, dan pastry shop lainnya. tidak hanya itu, hasil - hasil kreasi tersebut bisa kita intip di media sosial. Mulai dari jajanan pasar, cake, puding, coklat praline, termasuk kreasi petit four memiliki nilai jual yang cukup tinggi, hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi pecinta dunia pastry.




Petit Four merupakan salah satu produk pastry yang dibentuk untuk ukuran small-bite, bisa berupa confectionery (makanan yang kaya akan gula dan karbohidrat) atau savoury (salty and plain dish).
Dilihat dari semakin banyaknya antusias masyarakat dalam hal mempelajari petit four, Akademi Pariwisata Majapahit pun memiliki terobosan materi perkuliahan dengan memasukan materi petit four  ke dalam pembelajaran praktek di divisi baking and pastry.





Kali ini mahasiswa S1 prodi Teknologi Pangan mendapat materi kuliah untuk mempraktekan petit four. Kegiatan mahasiswa dimulai dengan memperkenalkan resep oleh Chef Arwati. Setelah menyimak dan mendapat instruksi dari Chef Arwati, mahasiswa pun langsung menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk proses pembuatan Petit Four




Materi yang diberikan pada tanggal 19 Februari 2018 ini sangat bervariasi seperti swan choux, chocomint mouse cake, lemon curd tartlet dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak materi yang diberikan, mahasiswa teknologi pangan diberi waktu menyelesaikanya yaitu selama 4 hari lamanya. mereka sangat semangat dalam mengerjakan tugas praktik tersebut, terlihat ketika mereka membuat tahap demi tahap resepnya.



Namun ada beberapa produk buatan mereka yang unik seperti choux roll rogout. produk ini sama seperti sus pada umumnya tetapi bentuk penyajiannya berbeda dari biasanya. sus ini dibentuk dengan cara digulung kemudian diisi adonan rougut sayuran dan potongan ayam. sehingga bentuk sus menjadi lebih menarik.



Tidak hanya itu saja, produk unik lainya adalah lemon tart tartlet yang dipadu padankan dengan krim yang lezat. dihias dengan cokelat leleh yang dibentuk bebagai bentuk menjadikan tartlet lebih nikmat. 




selain itu, terdapat resep yang menggunakan adonan mouse pudding dan cake. resep tersebut ada beberapa rasa seperti chocomint, strawberry dan cappuccino. paduan cake yang empuk menyatu dengan lembutnya mouse pudding menjadikan produk ini lezat dan segar.





           Setelah produk yang sudah matang, dengan segera mereka menambahkan beberapa pernak-pernik untuk hiasan di atas produknya. Ditata cantik dan rapih, membuat kesan indah dipandang saat melihat kumpulan sajian petit four ini.
Praktek hari tersebut dengan tema Petit Four pun berakhir, mahasiswa merasa bangga dengan hasil product yang mereka buat sendiri dan tidak lupa bimbingan Chef Arwati yang membuat hasilnya tidak mengecewakan. Dengan ini, mahasiswa semakin yakin terhadap kemampuan mereka di dunia industri nantinya. (photo: selv, script: dsp)

Komentar