Cooking Class Variasi Sushi Yang Lagi 'Hits' Di Akpar Majapahit Surabaya


Cooking Class Variasi Sushi Yang Lagi 'Hits' Di Akpar Majapahit Surabaya



Sushi merupakan makanan populer khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah diolah. sushi kini sudah tak menjadi makanan kalangan ke atas lagi. Melainkan sudah menjadi salah satu list menu di Kafe maupun warung makan yang bertemakan makanan Jepang. Karena ini, Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya mengadakan acara cooking class yang bertema aneka sushi.
 

          Tepat pada Hari Kamis 8 Maret 2018 di Gedung Akademi Pariwisata Majapahit Lantai 3 acara cooking class dilaksanakan dengan peserta dari Surabaya yaitu seorang pengusaha Kafe dan Resto, Eny Indri Astuti Ia mengikuti cooking class ini bertujuan untuk menambah daftar menu di  Kafe dan Restonya dengan aneka sushi. 



Dengan dipandu oleh chef profesional Chef Masaryo Wahyu Saputro S.K.G yang akan mempraktikan materi aneka sushi yaitu crunchy roll sushi, rainbow roll sushi, volcano roll  sushi dan golden unagi sushi. Chef Aryo pun segera menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan beserta kandungan dan teknik pembuatan secara ‘gamblang’ kepada peserta.



“bahan pokok untuk membuat sushi adalah beras yang berasal dari Jepang Karena tekstur dari beras tersebut sangatlah lengket dan lunak sehingga saat menggulung sushi menjadi padat. Dan berikan saus cuka agar nasi tidak hambar dan tidak terlalu lengket” terang chef Aryo. 




            Setelah menjelaskan semua materi, chef Aryo mempraktikan materi yang pertama yaitu crunchy roll sushi. Crunchy roll Sushi merupakan variasi sushi yang  memiliki tekstur lembut didalam dan renyah dalam sekali gigit. Selain menggunakan sayuran segar, sushi ini ditambahkan pula dengan udang ala tempura didalamnya sehingga memberikan rasa yang ‘kaya’.


Tidak sampai disitu saja, chef Aryo dan peserta melanjutkan mempraktikkan resep lainya yang tak kalah enaknya. Volcano roll sushi dengan tampilan yang kekinian yaitu lelehan keju mozzarella. namun tetap diberikan bahan-bahan segar di dalamnya sehingga masih tetap ada kesan segar saat memakannya.
 

Dilanjutkan dengan dua resep sushi yaitu unagi roll sushi dan rainbow roll sushi. Berbeda dengan resep sebelumnya, kedua resep ini menggunakan bahan-bahan yang cukup mahal seperti unagi roll sushi yang menggunakan telur ikan segar dan  unagi (belut). 


Sedangkan rainbow roll sushi ini menggunakan macam-macam ikan segar seperti, salmon, irisan buah alpukat serta daging segar kualitas terbaik. sehingga Menjadikannya sebagai sajian sushi yang menarik dan cocok untuk menu Kafe dan Resto.  



Dari semua resep yang dipraktikan oleh chef Aryo, merupakan resep andalan sehingga untuk hasil dipastikan enak. tak lupa produk yang sudah jadi, kemudian diplatting dengan cantik beserta 'ornamen-ornamennya'.*Selv



Komentar