Variasi Roti Enriched Yang Menggugah Selera



Variasi Roti Enriched Yang Menggugah Selera



Senin, 29 Januari 2018, mahasiswa patiseri reguler Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya mendapatkan materi baru yang diberikan oleh dosen pengajar dengan tema aneka roti enriched. Roti enriched merupakan jenis roti yang kandungan gulanya lebih sedikit dibandingkan dengan roti manis sehingga teksturnya lebih empuk. Lebih dari 10 resep variasi roti enriched yang nantinya dipraktikan oleh mahasiswanya.




Kelas yang dibagi menjadi beberapa kelompok ini mengerjakan seluru resep selama 4 Hari lamanya. Mereka juga diberikan bekal teori seputar penjelaskan roti enriched yang kemudian mengeksekusi resep-resep yang sudah diberikan masing-masing kelompok. Bahan-bahan yang digunakan selalu berkualitas baik seperti dari brand Filma, Chefmate dan Bogasari. Selain itu mereka juga menggunakan bahan-bahan segar seperti daging, sayuran dan buah-buahan. 


Materi yang dipraktikan hari pertama oleh mahasiswa patiseri reguler terdapat 4 resep yaitu streusel strawberry bun, cinnamon roll, cheese pillows dan corn vla bread. Terdapat beberapa kelompok yang menerima resep yang sama tetapi dosen pengajar menuntut mereka mengeluarkan segala kreatifitasnya masing-masing sehingga akan menghasilkan produk dengan bentuk yang berbeda.


Dilanjutkan dengan materi selajutnya yaitu burger bun, bake sausage cheese, bienenstich dan chesse and smoked panetone. Pada Hari kedua, resep yang mereka praktikan jenis roti enriched berasa gurih. Isian yang digunakan antara lain: sosis sapi, daging sapi cincang yang diolah menjadi patty, cheese, smoked beef kemudian dilengkapi dengan irisan sayuran segar dan aneka saus. 


Tidak sampai disitu saja, mereka melanjutkan resep berikutnya dihari ketiga antara lain chocolate package, kidney bean bread, honey mixfruit bread dan hotdog bun. Mereka membuat adonan dasarnya sama seperti adonan roti sebelumnya hanya saja bentuk, isian serta topping berbeda.



Sisa materi kemudian dilaksanakan dihari keempat oleh mahasiswa patiseri advance yaitu green tea bun, vla mixpeel bread, chocolate bun dan cookie bun. Dari keempat resep ini, ada salah satu yang memiliki bentuk seperti cangkang kura-kura berwarna cokelat. Roti ini dinamakan chocolate bun.








 
Semua produk yang sudah matang diplatting dipiring saji kemudian dihias sedemikan rupa hingga menarik. Chef Otje Herman Wibowo S. E, M. Par salah satu dosen pengajar Kelas Patiseri Reguler memberikan evaluasi produk dari mahasiswanya.*Selv

Komentar