Legitnya Praline Dan Truffle Aneka Isi



Legitnya Praline Dan Truffle Aneka Isi



Praline dan truffle merupakan salah satu jenis permen yang terbuat dari cokelat compound yang kemudian dibentuk atau dicetak dengan cetakan cokelat. Dapat juga diisi dengan kacang-kacangan, buah kering atau permen salut cokelat lainya. Sama seperta tema yang diberikan kepada mahasiswa teknologi pangan di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya yaitu praline dan truffle






praline dan truffle memiliki perbedaan. Praline terbuat dari cokelat yang dilelehkan dalam cetakan (chocolate skin), dapat pula diisi sesuai selera. Sedangkan truffle terbuat dari campuran cokelat compound atau conferture kemudian dilapisi dengan cokelat leleh (coating) juga dapat dibuat dari cake yang sudah dihancurkan” terang chef Laurentia Vivi S.Pd. M.Mpar salah satu dosen pengajar dikelas patiseri advance. Dalam satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok oleh dosen pengajar dengan resep yang berbeda. 



Setelah menerima teori dan resep, para mahasiswa dengan segera mempersiapkan bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan permen cokelat ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas baik dari brand terkenal seperti brand Elmer dan Filma. “gunakan bahan dasar yang berkualitas baik agar hasil bagus dan tidak cepat rusak” kata chef Vivi.



Materi yang dikerjakan selama 5 hari ini, mempraktikan lebih dari 10 resep aneka praline dan truffle yaitu tropical truffle, choco capucino truffle, caramel crème praline, mocca truffle, coffee liquor praline, chocolate peanut butter truffle, tutty fruty cup, dates ceshewnut oreo praline dan lain-lain. Mereka pun mengerjakan step by step dengan baik, mulai dari melelehkan cokelat, memberikan isian hingga mengeluarkan dari cetakan. 






            Selain dapat mengetahui aneka praline dan truffle, mereka juga dapat mengetahui teknik bagaimana melelehkan cokelat yang baik dan mengkilap. Karena jika suhu pemanasan terlalu tinggi maka cokelat akan rusak dan kusam.dengan begitu mereka harus berhati dalam memberikan suhu pemanasan pada serutan cokelat masak pekat. 




Keseruan terlihat jelas Selama kegiatan, mereka saling mencoba membuat satu sama lain meskipun itu bukan resep yang mereka kerjakan dalam kelompoknya. Seperti memberikan lapisan cokelat traffle dengan cokelat leleh kemudian dilumuri dengan bermacam-macam taburan yaitu kalapa kering, meises, cincangan kacang tanah, biskuit hitam.













Lalu praline dan truffle cokelat yang sudah dibalut ditata dalam piring saji kemudian dihias untuk dievaluasi oleh dosen pengajar.*Selv

Komentar