Bisnis Jajanan Yang Menjanjikan Lewat Perkuliahan Commercial Savoury Snack



Bisnis Jajanan Yang Menjanjikan Lewat Perkuliahan Commercial Savoury Snack



Bisnis makanan merupakan  peluang besar untuk meraup untung yang besar. seperti di daerah Surabaya sekarang banyak sekali yang berbalik alur ke bisnis jajanan ala kaki lima yaitu aneka snack hasil olahan ayam, cilok, aneka gorengan dan masih banyak lagi. Dengan begitu mahasiswa patiseri advance diberikan perkuliahan commercial savoury snack di akademi pariwisata majapahit surabaya.




Bersama chef handal dalam mata kuliah ini yaitu chef Ernawati. “Meskipun jenis jajanan ini adalah jajanan jalanan, dengan beberapa modifikasi dan kemasan yang menarik maka produk tersebut dapat merambah ke pasar supermarket. Serta dapat menaikan harga jual setara dengan jananan yang ada di Supermarket biasanya” jelas chef Erna.




Cia dan Gaby, selaku mahasiswa patiseri advance di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya diberikan 10 resep aneka jananan gurih yang cocok untuk di komersilkan pangsa Pasar kelas menengah keatas. Diantaranya bakwan goreng seaweed, lumpia Semarang, cilok, tahu aci, ote-ote porong dan lain-lain. Bahan-bahan yang digunakan terbuat dari bahan dasar berkualitas baik mulai dari adonan dasar dari ikan dan sayuran segar.
 


Kelas yang dilaksanakan pada hari Senin 29 Januari 2018 ini, mempraktikan resep aneka jajanan selama 4 Hari lamanya. Mereka membuat bakwan goreng seaweed dan bakwan goreng udang dihari pertama. “ untuk membentuk bola-bola bakwan, gunakan teknik seperti membuat bakso sehingga penekanan adonan sangat mempengaruhi ukuran yang dihasilkan” jelas chef Erna.










Dilanjutkan dengan materi selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu lumpia semarang dan lumpia udang. Kali ini kulit yang digunakan tidak menggunakan kulit siap pakai melainkan mahasiswa diajarkan untuk membuat sendiri kulit lumpianya. “jika kalian membuat kulitnya sendiri maka cost yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi sehingga mempengaruhi harga jual nantinya” ujar chef erna. Lumpia yang sudah diisi, kemudian  digoreng hingga kuning kecokelatan. Mereka juga membuat saus khusus lumpia yang menambah rasa nikmatnya. 






Kemudian hari kedua dan ketiga, mereka membuat cilok, tahu acid, pangsit cilok, ote-ote porong dan tempura ala kaki lima. Cia dan Gaby pun dengan sigap mengerjakan tiap resep sesuai intruksi dari dosen pengajar. Seperti cara membuat ote-ote porong perlu teknik yang baik agar bentuk bagus dan tidak pecah saat digoreng. 










Jajanan yang mereka buat sangatlah menarik dilihat dari segi bentuk, warna dan rasa cocok digunakan sebagai produk jual. Dengan mempraktikan aneka resep jajanan ini, mereka dapat mengetahui teknik yang benar dan jenis apa saja yang diminati oleh konsumen diluar sana.*Selv  

Komentar