Ujian Praktik Cake Dekorasi Buttercream 3D Di Patiseri Advance



Ujian Praktik Cake Dekorasi Butter cream 3D Di Patiseri Advance




Setelah menerima teori yang disertai praktik cake dekorasi butter cream dengan teknik kuas dan transfer, Kamis18 Januari 2018 mahasiswa patiseri advance diberikan ujian praktik bertema cake dekorasi butter cream 3D. Mahasiswa diberikan waktu untuk mengerjakannya selama 2 hari lamanya. Cia dan Gaby, mahasiswa patiseri advance, memiliki tema dekorasi yang berbeda satu sama lain. 


Para mahasiswa membuat adonan sponge cake

Birdcage atau sangkar burung merupakan tema yang diambil oleh Cia, sedangkan Gaby, memilih botol parfum sebagai tema dekorasinya.  dengan menggunakan cake dasar sponge yang mereka buat sehari sebelumnya agar tekstur cake lebih padat dan mudah dibentuk. 
Melapisi cake dengan butter cream

Dilanjutkan dengan memberikan olesan dasar butter cream keseluruh permukaan cake hingga rata. Olesan dasar cake ini menggunakan teknik steam yang bertujuan agar memberikan efek mulus saat disiram pada permukaan cake. Teknik steam juga mempermudah mahasiswa untuk mempercepat proses mendekorasi cake.
Membuat corak bunga untuk hiasan birdcage

Corak wanita berhiaskan bunga dikepalanya

Kemudian mereka menyimpan cake dasar kedalam lemari pendingin selama 15 menit hingga perrmukaan mengeras. Sambil menunggu cake mengeras, mereka segera membuat gambar ataupun hiasan dengan teknik yang sebelumnya pernah diajarkan yaitu dengan teknik transfer. Kedua gambar mereka sama mengambil tema bunga tetapi memiliki perbedaan pada tampilannya. 

Aneka bunga dari butter cream
Tidak itu saja, mereka juga menambahkan aneka jenis bunga dari butter cream sehingga terlihat lebih nyata. Mulai dari mawar, bugenvil hingga krisan dibuat sedemikian rupa seperti aslinya. Dalam pembuatan aneka bunga, sebagian besar mereka menggunakan mini cone agar kerangka bunga lebih kokoh dan tidak mudah hancur.
Memberikan corak burung dan floral dengan teknik kuas
Dasar cake sangkar burung yang sudah mengeras kemudian diberi sentuhan corak burung oleh Cia dengan teknik kuas  hingga menyerupai aslinya.  Begitupun Gaby, menambahkan hiasan corak ala floral di cakenya  agar terlihat lebih indah.
 
Abigail Gabriela dan produk kreasinya

Delvina Sascia Putri Danti

Mahasiswa berfoto bersama dengan dosen pengajar dan asisten dosennya


Ditambah dengan bunga dan gambar dengan teknik transfer yang sudah mengeras diletakkan secara teratur pada cake semakin terlihat indah. “saya sangat senang sekali dengan hasil ujian cake dekorasi kali ini, mereka sangat telaten dan hati-hati dalam mengaplikasikan teknik kuas dan transfer yang sudah saya ajarkan sebelumnya” terang chef Fitri.*Selv






Komentar