Tiga Masakan Populer Khas Lombok ala Mahasiswa Tristar Institute Surabaya



Tiga Masakan Populer Khas Lombok ala Mahasiswa Tristar Institute Surabaya



Kamis Januari 2018, mahasiswa kuliner Tristar Institute Surabaya meendapatkan materi perkuliahan masakan khas dari Lombok. Dosen pengajar memberikan materi seputar masakan tradisional daerah Indonesia selama beberapa minggu ini termausk Lombok. Resep yang akan dipraktikan mereka terdapat tiga macam masakan khas Lombok yaitu nasi wangi, ayam taliwang dan beberok terung.
 


Dosen pengajar juga selalu memberikan sedikit teori tentang bagaimana karakter makanan dari daerah Lombok. “masakan dari Lombok memiliki karakter yang kuat seperti beraroma dan berbumbu kuat serta rasa yang pedas pada umumnya” terang chef Ari Purwantoro S.St.Par, M.M salah satu dosen pengajar kelas kuliner di Tristar Institute Surabaya. mahasiswa langsung mengambil dan menyiapkan bahan apa saja yang dibutuhkan. 




 
Tidak hanya chef Ari saja, chef Yanuar Kadaryanto M.M juga dosen kuliner yang mengajarkan berbagai materi di Kelas kuliner. Resep pertama yang dipraktikan oleh mahasiswa adalah nasi wangi secara proses pembuatannya membutuhkan waktu cukup lama. Penampakan hasil dari nasi khas Lombok ini, seperti nasi gurih.




Kemudian mahasiswa melanjutkan dengan mengolah ayam untuk resep ayam taliwang. Ayam taliwang memiliki rasa khas dan dan kaya akan bumbu. Warna yang menarik menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan aroma dan efek bakar, semakin membuat siapa saja ingin menikmatinya.



Kedua masakan tersebut didampingi oleh sambal yang terbuat dari terung dan kacang panjang. Para mahasiswa mengolahnya sesuai takaran dan prosedur pembuatan dari resep yang telah diberikan. Sensasi pedas dan segar dari perasan jeruk limau merupakan paket lengkap sambal khas Lombok ini.











Tahap platting langsung dilakukan oleh mahasiswa setelah semua masakan sudah siap. Meskipun setiap kelompok diberikan resep yang sama, mereka dituntut oleh dosen untuk bisa menampilkan kreasi yang berbeda. Dosen pengajar pun mencicipi dan evaluasi produk tiap kelompok mahasiswa agar mahasiswa mengetahui hasil praktiknya *Selv


Komentar