Praktik Masakan Khas Bali Di Dapur Tristar Institute Surabaya




Praktik Masakan Khas Bali Di Dapur Tristar Institute Surabaya
   


Kota Bali terkenal dengan pariwisatanya yang sangat luar biasa keindahannya, begitupun masakannya. Masakan khas bali sudah mewabah keseluruh Indonesia, Pulau Jawa salah satunya. Selain enak, masakan khas Bali memakai banyak bumbu dalam pengolahanya. Oleh Karena itu, Tristar Institute Surabaya mengajarkan materi berbagai masakan tradisional Indonesia, masakan khas Bali salah satunya.



Ada beberapa resep yang diberikan oleh dosen pengajar chef Ari Purwantoro S.St.Par, M.M dan chef Yanuar Kadaryanto M.M yaitu sate lilit, nasi kelapa, plecing kangkung dan sambal matah. Mahasiswa pun sudah tidak sabar untuk mengolah bahan-bahan yang sudah diprepare sebelumnya. 



Kelas yang dibagi beberapa kelompok ini bersama-sama 'mengeksekusi' resep yang dirasa memerlukan waktu agak lama yaitu nasi kelapa. Cara membuat nasi kelapa sama seperti nasi pada umumnya, yang membuat berbeda dengan lainya adalah penambahan kelapa parut muda untuk campuranya. Kelapa parut inilah yang membuat nasi menjadi lebih gurih saat dimakannya nanti.



Saatnya masakan beraroma kuat dipraktikan oleh para mahasiswa seperti plecing kankung dan sambal matah. Saat kedua bumbu masakan ini dibuat dan dimasak, aroma dapur berubah menjadi menyengat. Proses perebusan kangkung, dilakukan diakhir memasak oleh mereka, agar warna tidak cepat menjadi hitam.



Dilanjutkan dengan resep sate lilit khas Bali. Mereka menggunakan 2 jenis bahan untuk dijadikan tusukan sate lilit yaitu batang serai dan tusuk sate. “gunakan alat pemanggang yang memiliki corak bergaris agar tampilan sate lilit lebih bagus dan menarik” terang chef Ari.







 




Hasil semua masakan ditata dalam piring saji untuk menerima evaluasi dari dosen pengajar chef Ari dan chef Yanuar. Tidak lupa diberikan hiasan dari cabai merah atau cincangan kacang tanah goreng sebagai finishing touch. “ hasil masakan kalian semua rata-rata sudah enak dan bertekstur baik. Lebih ditingkatkan lagi penyajian hidangannya” ujar chef Yanuar. *Selv




Komentar