Mengenal Masakan Khas Padang Di Kelas Kuliner Tristar Institute Surabaya



Mengenal Masakan Khas Padang Di Kelas Kuliner
Tristar Institute Surabaya


Selasa, 23 Januari 2018, mahasiswa kuliner diberikan materi praktik memasak makanan Indonesia khas Padang oleh dosen pengajar chef  Ari Purwantoro S.St.Par, M.M dan chef Yanuar Kadaryanto M.M. “ dalam triwulan ini, mahas   iswa perlu dikenalkan berbagai masakan Indonesia. Agar mereka tahu, tiap daerah memiliki rasa khas yang berbeda” terang chef Ari. Sebelumnya mereka mendapati teori seputar masakan Indonesia di Kelas teori. Tepat pukul 13.00 WIB, mahasiswa memulai praktik memasak di Dapur Tristar Kuliner. 

Mahasiswa menyiapkan bahan yang dibutuhkan
Kelas kuliner ini dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota kelompok maksimal berisikan 4 mahasiswa. Ada 3 resep masakan khas Padang yang akan dipraktikan yaitu gulai ikan asin daun singkong, nasi kebuli dan sate padang. Tidak lupa, mempersiapkan dan menimbang semua bahan yang dibutuhkan selalu dilakukan oleh para mahasiswa. 
Memotong ikan asin jambal roti untuk gulai ikan asin daun singkong

Proses pembuatan gulai daun singkong
Merebus daun singkong merupakan proses pertama yang dikerjakan mereka, karena butuh waktu lumayan lama untuk melunakan daun singkong. Daun singkong yang sudah lunak segera disiram dengan air dingin dan diperas agar rasa pahit hilang. 
Mengaron beras untuk nasi kebuli
 
Mahasiswa memasak nasi kebuli
Dilanjutkan dengan ‘mengaron’ beras beserta rempah-rempahnya untuk membuat nasi kebuli khas Padang. Cara membuatnya hampir sama dengan memasak nasi pada umumnya, hanya saja ditambahkan aneka rempah saja. 
Proses membuat sate kerang
Sambil menunggu nasi aronan dikukus dalam panci pengukus, mereka melanjutkan membuat sate kerang. Sate kerang ala Padang ini berebda dengan sate kerang pada umunya, rasa yang diciptakan masakan ini adalah gurih, sedikit pedas dan penambahan bumbu yang kuat. Sebagian mahasiswa menusukan dengan tusuk sate, ada juga yang langsung dihidangkan begitu saja.

Icha, danu dan Kiki

Andika, Mirdar, Jonathan dan Vero

Inggrid dan Silvi

Umar dan Aminul

Yusuf dan James

Semua hasil masakan ditata dalam satu piring saji

Nasi kebuli dan sate kerang

Gulai ikan asin daun singkong

Kreasi platting lainnya dari mahasiswa kuliner

Semua masakan yang sudah matang diplatting dalam satu piring saji kecuali gulai ikan asin daun singkong. Meskipun tiap resep yang diberikan sama tiap kelompok, mereka dituntut untuk dapat menampilkan tampilan yang berbeda sesuai kreatifitas masing-masing. 
Chef Ari mencipi dan memberikan evaluasi pada mahasiswanya

Chef Yanuar mencicipi salah satu hasil dari mahasiswanya
Evaluasi produk mahasiswa selalu dilakukan oleh dosen pengajar setelah semua hidangan dikumpulkan dan dicicipi. Dengan begitu mereka tahu kesalahan dan kelebihan produk tiap-tiap kelompok. *Selv
   

Komentar