Nikmatnya Masakan Daerah Jawa Timur Di Tristar Institute Surabaya



Nikmatnya Masakan Daerah Jawa Timur Di Tristar Institute Surabaya



Jawa timur terkenal dengan makanan yang bersantan, pedas dan ‘kaya’ akan bumbu. Seperti halnya materi yang diajarkan di Tristar Institute kepada mahasiswa kuliner nya yang bertema masakan khas Jawa Timur. Jumat, 26 Januari tepatnya mereka mendapati materi tersebut untuk dipraktikan. Dosen pengajar  memberikan 3 resep masakan khas Jawa Timur yaitu sayur lodeh, ayam panggang bumbu rujak, nasi kuning dan sambal terasi.




Sebelumnya mahasiswa diberikan sedikit teori dari chef Ari Purwantoro S.St.Par, M.M dan Yanuar Kadaryanto M.M selaku dosen pengajar di kelas kuliner Tristar Institute Surabaya. kemudian mahasiswa segera mempraktikan setelah menerima penjelasan resep yang diterima. Mereka langsung mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan.



Dalam satu Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga mereka dapat membagi tugas. Resep pertama yang digarap oleh beberapa mahasiswa yaitu nasi kuning. Nasi yang berwarna kuning ini dihasilkan dari parutan kunyit lalu diperas dalam aronan beras . dimasak hingga setengah matang. Lalu dikukus selama 30 menit hingga matang. 




Sedangkan mahasiswa yang memegang resep ayam bumbu rujak dengan segera memotong-motong ayam hingga terbagi menjadi beberapa bagian. Direbus dengan campuran bumbu yang berwarna merah hingga meresap. Asap mengebul tebal muncul ketika ayam berbumbu dipanggang oleh mereka.





Dilanjutkan dengan memasak lodeh nangka dan sambal terasi. “rebus potongan nangka yang agak lama, agar nangka matang hingga dalam” ujar chef Ari. Sambil menunggu merebus nangka, salah satu mahasiswa pun menggoreng bumbu untuk sambal terasi. Tidak menggunakan blender, melainkan dihaluskan dengan cobek ala metode tradisional. 


 



Semua masakan ditata sedemikian rupa dalam piring saji terkecuali lodeh nangka disajikan mangkuk sup. Irisan cabai merah, daun jeruk dan daun pandan diletakkan diatas hidangannya semakin menambah tampilan masakan mereka. 




Sesi evaluasi dan mencicipi hasil masakan dilakukan oleh chef Ari dan Yanuar setelah hasil jadi mahasiswa dikumpulkan di Meja penilaian. *Selv  

Komentar